Dua petinju TNI AU incar kemenangan di Thailand

id Ilham Leoisa ,TNi AU,Tinju,Boxing ,Emanuel Nahak ,XBC

Dua petinju TNI AU incar kemenangan di Thailand

Ilham Leoisa (kanan) menjalani sesi berat badan di Pathum Thani, Thailand, Sabtu (8/4/2023) atau sehari jelang duel melawan Chairayat Sawangsoda. (ANTARA/HO-XBC Sportech)

Saya tidak akan menyia-nyiakan momen ini karena lewat pertarungan ini saya bisa memperbaiki peringkat. Saya juga tidak memandang remeh lawan, ujar Ilham
Jakarta (ANTARA) -
Dua prajurit TNI AU, Ilham Leoisa dan Emanuel Nahak mengincar kemenangan dalam pertarungan non-gelar melawan lawan masing-masing di Pathum Thani, Thailand, Minggu (9/4).
 
“Kami melakukan persiapan cukup panjang, dimulai dari sekitar tiga bulan lalu di DBC dan dilanjutkan dengan pelatihan bersama Coach David John Treharne (asal Kanada). Persiapan saya cukup baik. Saya tidak akan menyia-nyiakan momen ini karena lewat pertarungan ini saya bisa memperbaiki peringkat. Saya juga tidak memandang remeh lawan,” ujar Ilham dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.
 
Ilham akan menghadapi Chairayat Sawangsoda dalam duel kelas welter, sementara Emanuel berhadapan Chanon Sonkham dalam laga kelas bulu super.
 
Bagi kedua petinju Merah Putih, ini menjadi pertarungan pertama pada tahun 2023. Meski tak ada gelar yang diperebutkan, Ilham dan Emanuel yang tergabung di Dirgantara Boxing Camp (DBC) tetap mempersiapkan diri dengan serius. 
 
Ilham saat jni menyandang sabuk juara WBC Asian Boxing Council Continental kelas welter. Dia memiliki rekor bertarung 11 kali menang, sekali kalah, dan sekali imbang.
 
Sedangkan lawannya, Chairayat yang kalah pada laga terakhirnya memiliki rekor pertarungan positif dengan enam kali menang dan empat kali kalah. Dari enam kemenangan itu, Chairayat mengemas lima kemenangan KO.
 
Sementara bagi Emanuel, pertarungan ini menjadi pertarungan pertama setelah dua tahun absen dari ring tinju profesional. Emanuel yang berpangkat prajurit satu ini, memiliki rekor bertanding lima kali menang, tiga kali kalah, dan satu kali imbang.
 
Lawannya, Chanon, memiliki rekor bertarung tujuh kali menang, lima kali kalah, dan sekali imbang. Dalam pertarungan terakhirnya, Chanon menang TKO ronde ketiga atas Chayathit Titham.
 
Para petinju sudah menjalani sesi pemeriksaan kesehatan dan timbang badan pada hari ini dan seluruh petinju dinyatakan laik naik ring. Pelatih mereka Dominikus Mbawo mengatakan para petinjunya sudah tidak sabar untuk kembali naik ring.
 
“Kondisi Ilham dan Emanuel sangat fit dan siap bertarung. Mereka sudah siap fisik dan mental. Setelah bertemu dengan calon lawan di sesi timbang badan, mereka punya keyakinan bisa mengatasi lawan-lawannya,” ujar Dominikus.
 
Pertarungan ini merupakan kolaborasi antara XBC Sportech dan Singmanassak Muaythai School, milik mantan juara dunia WBC kelas bantam dan bulu super asal Thailand Sirimongkhon Iamthuam. Gelaran ini dapat disaksikan secara langsung di kanal resmi YouTube XBC Sportech.