Wapres sebut polarisasi mungkin menangkan suara tapi akan rusak negara

id wapres ma'ruf amin,pemilu,polarisasi

Wapres sebut polarisasi mungkin menangkan suara tapi akan rusak negara

Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar dan Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi menyampaikan pernyataan kepada wartawan dalam seusai membuka acara "Dialog Kebangsaan Bersama Partai Politik Dalam Rangka Persiapan Pemilu Tahun 2024" di Jakarta pada Senin (13/03/2023). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta agar para peserta Pemilu 2024 tidak menggunakan strategi polarisasi demi memenangkan suara karena dapat merusak kesatuan negara.

"Strategi polarisasi mungkin saja dapat memenangkan suara, tapi hal itu sekaligus merusak negara. Oleh karena itu, strategi pemenangan pemilu wajib mengedepankan persatuan nasional meskipun peserta pemilu tengah bersaing untuk menang," kata Wapres di Jakarta, Senin.

Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan hal tersebut saat memberikan sambutan dalam "Dialog Kebangsaan Bersama Partai Politik dalam Rangka Persiapan Pemilu Tahun 2024" yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kepala BNPT Boy Rafli Amar, dan perwakilan partai-partai politik.

"Pengalaman pada pemilu lalu menunjukkan terjadinya polarisasi yang tajam di masyarakat. Sebagian pendukung saling menjatuhkan dengan isu politik identitas, alih-alih adu gagasan mengenai konsep berbangsa dan program untuk mengatasi tantangan strategis di tingkat lokal dan global," tambah Wapres.

Kondisi tersebut, menurut Wapres, sungguh memprihatinkan dan menjadi ujian yang mengancam bangsa Indonesia.

"Pemilu seolah menjadi kontraproduktif karena berpotensi memecah-belah bangsa. Hal ini sangat bertentangan dengan cita-cita negara dan demokrasi," tambah Wapres.

Wapres menyebut pemerintah tidak ingin mengulangi pengalaman buruk Pemilu 2019.

"Kita mesti bulatkan tekad dan satukan langkah agar Pemilu 2024 menjadi pemilu yang aman, damai, dan berkualitas. Pancasila kita genggam sebagai kunci dalam menghadapi Pemilu 2024," tegas Wapres.

Kampanye pemilu tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila, misalnya menggunakan isu SARA, paparnya.