Kejaksaan hentikan penuntutan terhadap tersangka pencurian sepeda motor

id Kejaksaan negeri bandarlampung, rj kejaksaan, rj pencurian motor

Kejaksaan hentikan penuntutan terhadap tersangka pencurian sepeda motor

Orangtua korban saat mendampingi anaknya melakukan restoratif justice. (Antaralampung/ho)

Bandarlampung (ANTARA) - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandarlampung menghentikan perkara tindak pidana pencurian yang melibatkan pelaku Rinaldi Ramadhan.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bandarlampung, Helmi Hasan mengatakan, penghentian penuntutan terhadap pelaku melalui Restoratif Justice (RJ) berdasarkan surat nomor:B- 5034  /L.8.18/Eoh.2/10/2022 tanggal 19 Oktober 2022 yang telah diajukan ke Jaksa Agung.

"Kami juga sudah serahkan salinan Surat Ketetapan Penyelesaian Perkara (SK2P) kepada tersangka yang turut dihadiri orangtua tersangka dan juga korban. Dalam kesempatan yang sama kita juga kembalikan barang bukti berupa satu unit sepeda motor kepada korban," katanya di Bandarlampung, Selasa.

Dia melanjutkan tercapainya penghentian penuntutan melalui RJ tersebut sudah melalui beberapa tahapan seperti kesepakatan perdamaian antara tersangka dan korban, tersangka pertama kali melakukan tindak pidana, dan tindak pidana hanya diancam dengan pidana kurungan penjara tidak lebih dari 5 tahun.

Perbuatan tersangka terjadi pada Senin tanggal 16 September 2022 lalu sekitar Pukul 08.30 WIB di sebuah kontrakan di Jalan Soekarno, Labuhan Ratu, Bandarlampung. Tersangka melakukan pencurian satu unit sepeda motor milik korban bernama Ryan Sabastian.

"Pencurian tersebut terjadi saat tersangka sedang berjalan kaki ingin pulang ke rumah nya. Saat berada di lokasi tepatnya di depan bengkel sepeda motor Harun Jaya, tersangka melihat sepeda motor korban yang terparkir di depan bengkel dengan posisi kunci kontak tergantung lalu timbul niat tersangka untuk mengambil sepeda motor tersebut," kata dia.

Helmi menambahkan saat tersangka menaiki motor tersebut dan ingin membawa kabur sepeda motor itu, kemudian korban melihat dan langsung melakukan pengejaran sehingga sepeda motor milik korban terjatuh dan tersangka berhasil ditangkap dan dibawa ke kantor polisi.

"Beruntung korban tidak pukuli oleh warga sekitar. Warga sekitar juga langsung membawa tersangka ke kantor polisi," kata dia lagi.