Kodim 0410/Bandarlampung siap bantu pemerintah tanggulangi bencana

id kodim 0410, pemkot bandarlampung, kesiapsiagaan bencana, wali kota, bencana alam

Kodim 0410/Bandarlampung siap bantu pemerintah tanggulangi bencana

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana bersama forkopimda pada apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana. (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0410/Kota Bandarlampung menyatakan kesiapan membantu pemerintah kota setempat dalam kesiapsiagaan penanggulangan bencana.

"Kami selalu siap mendukung Pemkot Bandarlampung dalam menanggulangi dan mengantisipasi terjadinya bencana di wilayah ini," kata Komandan Kodim 0410/Bandarlampung Letkol Arm Tri Arto Subagio pada apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Bandarlampung, Rabu.

Ia menjelaskan dukungan personel dan peralatan telah siap diturunkan apabila terjadi bencana alam.

Pihaknya juga telah menerjunkan babinsa untuk memonitor di sejumlah titik rawan bencana di wilayah masing masing.

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana mengatakan bahwa semua personel penanggulangan bencana yang terdiri atas TNI, Polri dan Forkopimda Kota Bandarlampung selalu siap dan siaga dalam penanganan bencana.

“Dengan kesiapan hari ini, mudah-mudahan kami bisa mengantisipasi bila terjadi bencana di Kota Bandarlampung. Karena petugas di lapangan harus sigap apabila terjadi bencana,” ujarnya.

Pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan aparat terkait dalam penanggulangan bencana di kota setempat.

“Saat ini sudah kita libatkan semua personel, apalagi forkopimda, TNI, Polri selalu siap siaga melakukan tindakan langsung dalam penanggulangan bencana untuk masyarakat," katanya

Pihaknya juga mengimbau masyarakat siap dalam menanggulangi bencana di Kota Bandarlampung, terutama untuk daerah pesisir pantai.

"Kami sudah mengimbau berkali-kali dan semuanya saat ini sudah berjalan. Untuk sementara ini kita siagakan personel di kelurahan atau kecamatan dari aparat TNI dan polisi sudah ikut bergabung, termasuk juga BMKG," katanya.