ASDP beri motivasi pelajar menjadi pemimpin di masa depan

id Lampung, asdp

ASDP beri motivasi pelajar menjadi pemimpin di masa depan

PT ASDP beri motivasi pelajar menjadi leader (pemimpin) di masa depan. ANTARA/HO-ASDP

Saya seringkali ditanyakan bagaimana tantangan pemimpin perempuan, sebaliknya kenapa laki-laki tidak pernah ditanyakan demikian?
Bandarlampung (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali menggelar kegiatan talkshow dan sharing session bertajuk "A Day to Inspire: Becoming ASDP Professional Heroes at Work" yang kali ini dilaksanakan di SMAN 1 Sabang, di Provinsi Aceh, beberapa waktu lalu.

Kegiatan talkshow dan sharing session Inspiring Day ini merupakan Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan sebagai bukti ASDP berkomitmen mendukung pendidikan bermutu sesuai dengan rumusan Sustainable Development Goals nomor 4, dimana dengan melakukan sharing session terkait profesi dapat membekali serta mengembangkan sumber daya manusia melalui para pelajar dari tingkat SD hingga SMU menjadi pribadi unggul.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi berkesempatan menjadi tokoh inspirasi bagi pelajar-pelajar SMAN 1 Sabang. Melalui sharing session ini, ASDP tentu ingin memperkenalkan lebih dekat kehadiran BUMN penyedia jasa penyeberangan dan pelabuhan yang menjadi tulang punggung akses transportasi masyarakat dan distribusi logistik antarpulau yang aman, sehat, nyaman dan selamat.

Sabang menjadi wilayah kerja di Bumi Serambi Mekkah tersebut dimana kapal ASDP melayani masyarakat Aceh khususnya dari Kota Banda Aceh menuju Sabang.

"Anak-anak pelajar SMAN 1 dan seluruh masyarakat Sabang ini telah merasakan bagaimana ASDP berperan aktif, menyeberangkan orang dan kendaraan serta barang untuk sampai di tujuan masing-masing, yang salah satunya di Sabang ini. Semoga kehadiran dan layanan ASDP disini dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat, dan kami berharap kepada pelajar-pelajar di Sabang ini agar menjadikan ASDP sebagai perusahaan pilihan untuk bekerja kelak di masa depan," ujar Ira.

Ira menyampaikan motivasi dan inspirasi kepada para pelajar dan pemuda agar mulai membangun karakter diri yang kuat sebagai bekal di masa depan. "Anak-anak pelajar sudah harus memikirkan dan memilih masa depannya untuk menjadi seorang leader, tidak ada perbedaan kesempatan baik bagi perempuan maupun laki-laki," ujarnya lagi.

Ia mengungkapkan, stigma dan persepsi masyarakat menjadi tantangan yang selalu dihadapi pemimpin perusahaan.

"Saya seringkali ditanyakan bagaimana tantangan pemimpin perempuan, sebaliknya kenapa laki-laki tidak pernah ditanyakan demikian? Apakah karena perempuan memiliki peran penting dalam keluarga? Tetapi bukankah laki-laki juga demikian," ujar Ira memotivasi.

Selain mengunjungi sekolah-sekolah untuk memberikan motivasi kepada pelajar, ASDP juga menggelar kegiatan Program Goes To Campus sebagai upaya merekrut SDM dari perguruan tinggi yang belum lama ini dilakukan di Universitas Pattimura, Ambon.

Kegiatan ini sejalan dengan nilai inti Kolaboratif, yang merupakan bagian dari core values AKHLAK BUMN. Core values AKHLAK, yang terdiri atas unsur Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif itu merupakan program transformasi dan pengembangan SDM dari Kementerian BUMN.

"Dengan menggandeng pihak sekolah dan perguruan tinggi, ASDP secara konsisten membangun kolaborasi untuk memajukan masyarakat pelajar Indonesia hingga menjadi SDM yang unggul. Diharapkan ajang sharing antara dunia usaha dan pendidikan ini dapat memacu wawasan dan kapabilitas masyarakat di sekitar wilayah operasi ASDP," kata Corporate Secretary ASDP,Shelvy Arifin.

Ajang talkshow dan sharing ini juga merupakan program sebagai upaya menjembatani kesenjangan (missmatch) antara dunia studi dan kerja. 

"Dengan mengenalkan ASDP kepada para pelajar dan mahasiswa, diharapkan mereka tertarik, lebih mengenal layanan ASDP, budaya kerja ASDP, dan apabila tertarik nantinya bisa bergabung menjadi bagian keluarga ASDP tentunya jika sesuai minat dan bakatnya. Ini sejalan dengan program pemerintah dalam mengurangi disparitas dunia pendidikan dan dunia usaha yang menyumbang angka pengangguran di Indonesia," kata Shelvy.

Dalam kegiatan talkshow itu, turut hadir Direktur Teknik dan Fasilitas Kusnadi C Wijaya yang juga putra daerah Aceh, Senior General Manager Regional I Yudhi Yanuar, General Manager Cabang Aceh Agus Djoko Triyanto, dan General Manager Cabang Singkil Yefri Hendri.

Ajang tersebut menjadi upaya ASDP memberikan semangat dan motivasi kepada siswa SMAN 1 Sabang untuk tidak pantang menyerah dalam meraih impian dan cita-cita, sekaligus memberikan gambaran terkait pekerjaan yang ada di lingkup PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

"ASDP akan konsisten dalam menerapkan program tanggung jawab sosial dan berkontribusi nyata dalam pemberdayaan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, keberlangsungan pendidikan dan kapabilitas untuk terwujudnya kegiatan operasi perusahaan yang berkelanjutan," kata Shelvy.
Baca juga: ASDP targetkan seluruh Pelabuhan tersertifikasi SMK3 dalam tiga tahun ke depan
Baca juga: ASDP operasikan 91 unit kapal layani 222 lintasan penyeberangan perintis