Kesbangpol sebut indeks demokrasi Lampung meningkat

id Indeks demokrasi, indeks demokrasi Lampung, kebebasan berpendapat, Pemprov Lampung, kesbangpol,Antara Lampung, Lampung Update

Kesbangpol sebut indeks demokrasi Lampung meningkat

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Lampung, M. Firsada saat memberi keterangan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Lampung mengatakan bahwa angka indeks demokrasi di daerahnya mengalami peningkatan di banding dengan tahun sebelumnya.

"Nilai indeks demokrasi Lampung tahun 2021 ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya ,dan ini menjadi suatu pencapaian yang cukup baik," ujar Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Lampung, M. Firsada, di Bandarlampung, Rabu.

Ia menjelaskan, untuk tahun rilis 2021 ini angka pengukuran indeks demokrasi khusus Lampung sebesar 80,18, naik di banding tahun sebelumnya yaitu 72,79.

"Indeks demokrasi ini baru dirilis pada tahun ini dan nilainya cukup baik dari tahun sebelumnya. Dimana pada 2020 berada di angka 72,79, sementara pada 2019 angkanya 72,56 serta tahun ini masuk dalam delapan besar secara nasional," tuturnya.

Dia mengatakan, indeks demokrasi Lampung itu berasal dari beberapa kriteria penilaian seperti kebebasan berpendapat sebesar 76, lalu kesetaraan 81 dan kapasitas lembaga demokrasi 81.

"Untuk Provinsi Lampung ini dinilai cukup baik dari beragam aspek karena semua nilainya rata, dimana kebebasan sebanyak 76, kesetaraan 81, dan kapasitas lembaga demokrasi 81. Ini cukup baik sebab melebihi RPJMD," ucapnya.

Menurut dia, target indeks demokrasi di Lampung dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebesar 75.

"Dengan adanya pengukuran ini dapat menjadi cerminan bahwa situasi di Lampung cukup kondusif menjelang Pemilu. Untuk terus menjaga ini maka perlu menjalin komunikasi dan toleransi di semua aspek," ujar dia.

Ia melanjutkan, dalam penghitungan tersebut daerah yang memiliki angka tertinggi dalam penerapan unsur demokrasi berada pada daerah perkotaan.

"Banyak di perkotaan yang memiliki angka indeks yang cukup tinggi, sebab disana kesetaraan dan kebebasan mengutarakan pendapat lebih mudah dilakukan," tambahnya.