Kapolda Lampung sebut TNI dan Polri jadi perekat utama demokrasi

id Kapolda lampung, pengamanan jelang pilkada, jelang pilkada lampung

Kapolda Lampung sebut TNI dan Polri jadi perekat utama demokrasi

Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika saat melakukan peninjauan pasukan pengamanan Pilkada Serentak 2024 di Pelabuhan Panjang. Bandarlampung, Jumat (23/8/2024). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Kita harus siap siaga menanggulangi bencana dan juga menjelang pesta demokrasi, semua harus siap dalam menunjukkan profesionalisme kerja
Bandarlampung (ANTARA) - Kapolda Lampung Irjen Pol. Helmy Santika mengatakan bahwa kehadiran anggota TNI dan juga Polri menjadi salah satu instrumen perekat utama demokrasi di daerahnya.
 
"Apel gelar pasukan ini menjadi wujud kesiapan kita dalam menghadapi berbagai ancaman dan persoalan di Provinsi Lampung," kata Irjen Pol. Helmy Santika di Bandarlampung, Jumat.
 
Ia mengatakan ada sejumlah ancaman dan persoalan yang dapat terjadi di Lampung, seperti adanya ancaman terhadap bencana alam akibat letak geografis Provinsi Lampung yang rentan dengan bencana.
 
"Selanjutnya ada pula permasalahan yang mungkin timbul akibat dinamika demokrasi yang mulai bergeliat menjelang tahap awal pemilihan kepala daerah (pilkada). Kita harus siap siaga menanggulangi bencana dan juga menjelang pesta demokrasi, semua harus siap dalam menunjukkan profesionalisme kerja sebab NKRI adalah harga mati," ucap dia.
 
Dia melanjutkan, sebagai perekat utama demokrasi, TNI dan Polri diharapkan dapat melakukan pengawalan proses Pilkada agar dapat dilaksanakan dengan baik, khususnya di Provinsi Lampung.
 
"Dan jangan lupa dalam mengawal ini sudah diperintahkan agar kita harus tetap netral. Jangan sampai ada pihak-pihak yang ingin mengganggu keamanan, ketertiban bahkan memecah belah persatuan kesatuan di Provinsi Lampung, semua harus tetap dijaga," tambahnya.

Menurut dia, selain sebagai perekat utama demokrasi, anggota TNI dan Polri di Provinsi Lampung pun harus bisa mengayomi masyarakat.
 
"Selain menunjukkan kesiapsiagaan dalam berbagai macam pengamanan baik pengamanan VVIP ataupun kegiatan lainnya. Kita pun dapat menjadi kekuatan inti yang bisa sewaktu-waktu digerakkan untuk memberikan pelayanan serta pengayoman kepada masyarakat khususnya untuk menjaga ketertiban di tengah masyarakat," ujar dia lagi.

Baca juga: Pj Gubernur sebut kondisi Lampung kondusif jelang Pilkada

Baca juga: Bawaslu Lampung harapkan semua pihak siap dukung Pilkada demokratis

Baca juga: Pj Gubernur Lampung pastikan 2.000 pasukan amankan Pilkada 2024