Menkominfo: Sektor informasi dan komunikasi tumbuh positif didorong migrasi digital

id Menkominfo,informasi dan komunikasi,Pandemi COVID-19,bisnis it,bisnis komunikasi

Menkominfo: Sektor informasi dan komunikasi tumbuh positif didorong migrasi digital

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memberikan paparan dalam Forum Pemimpin Redaksi “Mendigitalkan Indonesia: Retrospeksi 2021 dan Outlook 2022 Kementerian Kominfo, di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Selasa (28/12/2021). ANTARA/HO-Kemenkominfo

Karena kita negara konsumen teknologi, kita harus melakukan akselerasi di hampir semua aspek.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan sektor informasi dan komunikasi tumbuh positif didorong migrasi digital yang terjadi selama pandemi COVID-19.

“Tahun 2021, sektor informasi dan komunikasi itu tumbuh positif berturut-turut yaitu 8,72 persen, 6,87 persen dan 5,51 persen year-on-year. Saya sendiri melihat ini seperti blessing in disguise, di mana masyarakat dunia dan khususnya Indonesia bergerak secara cepat masuk ke era baru era digital," ujar Johnny dalam rilis pers, Selasa.

Dalam Forum Pemimpin Redaksi “Mendigitalkan Indonesia: Retrospeksi 2021 dan Outlook 2022 Kementerian Kominfo, di Jakarta in, sejalan dengan pertumbuhan sektor digital di atas rata-rata ekonomi nasional, Johnny mengatakan Kominfo terus berupaya mendorong migrasi aktivitas dan memastikan kemampuan masyarakat dengan pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

Pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia sebelumnya hanya didorong dari sisi disrupsi teknologi. Namun, kata dia, pandemi COVID-19 telah memacu akselerasi transformasi digital di semua sektor.

"Karena kita negara konsumen teknologi, kita harus melakukan akselerasi di hampir semua aspek," kata dia.

Menurut Menkominfo, pandemi COVID-19 memiliki dampak kesehatan dan ekonomi, namun pemerintah berupaya memanfaatkan secara optimal dengan mendorong akselerasi transformasi digital. Dia mengatakan arahan Presiden Joko Widodo untuk memastikan peta jalan transformasi digital telah dilaksanakan dengan baik guna menyiapkan fondasi kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

"Ini dalam rangka mendorong kemampuan negara kita, resiliensi bangsa kita dan kemampuan adaptasi negara kita, masyarakat kita untuk masuk ke era digital,” ucap Johnny.

Johnny menilai secara global pandemi COVID-19 telah mengakibatkan kegentingan, kegawatan, dan kecemasan yang berdampak ke sektor ekonomi.

Namun, adanya kontraksi ekonomi tersebut justru berdampak terhadap pemanfaatan ruang digital yang semakin luas, sehingga sektor informasi dan komunikasi di Indonesia bertumbuh dengan baik.

Johnny pun mengapresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam penanganan pandemi COVID-19.



“Saya tentunya, atas nama pemerintah menyampaikan terima kasih yang luar biasa atas partisipasi seluruh kekuatan negara kita, Bapak Presiden memberikan directive dan guideline bagi para menteri dan pimpinan lembaga, kepada pemerintah daerah untuk bekerja melaksanakan fungsi-fungsinya," ujar Menteri Johnny.

"Namun demikian, suksesnya kita mengatasi pandemi COVID-19 adalah kegotong-royongan secara nasional, semua komponen termasuk komponen media di dalamnya,” sambung dia.

Menkominfo mengajak semua pihak untuk mempertahankan kondisi meskipun varian Omicron saat ini telah masuk ke Indonesia dan menjadi perhatian khusus pemerintah.

“Kita harapkan pengendalian COVID-19 di Indonesia dapat berlangsung dengan baik, landai, sehingga kita bisa kembali untuk bergerak cepat untuk mengisi pembangunan nasional kita,” kata dia.
Baca juga: Ini dia tips komunikasi dan promosi bagi para pelaku bisnis UKM lewat WhatsApp
Baca juga: BPPT bentuk forum komunikasi bisnis teknologi Pati