RD puji penampilan Kim Jin-sung

id Madura united, rahmad darmawan, coach rd, rd, madura united vs psm makassar, liga 1 2021

RD puji penampilan Kim Jin-sung

Pesepak bola Madura United FC Jaimerson Da Silva Xavier (kiri) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Anco Jansen (Kanan) dalam lanjutan Liga 1 2021-2022 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (12/9/2021). Pertandingan tersebut berakhir dengan skor imbang 1-1. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Jakarta (ANTARA) - Manajer Madura United Rahmad Darmawan yang akrab disapa Coach RD memuji penampilan gelandang asing anyarnya, Kim Jin-sung pada debutnya di Liga 1 2021 kontra PSM Makassar, Minggu.

Pemain asal Korea Selatan itu menyumbangkan assis bagi Rafael Silva yang lewat sundulannya berhasil menyamakan kedudukan 1-1 Laskar Sape Kerrab atas Juku Eja.

"Apresiasi saya buat Kim yang hari ini memulai debutnya, menurut saya, dengan sangat baik," kata RD, saat konferensi pers virtual usai laga, Minggu malam.

Awalnya, RD yang merangkap pelatih itu tak menyangka Kim bisa bermain penuh 90 menit karena belum terbiasa dengan suhu udara di negara tropis seperti Indonesia.

Bahkan, RD telah menyiapkan satu pemain pengganti bagi Kim jika memang tidak sanggup bermain full, mengingat aklimatisasi sangat dibutuhkan pemain berusia 24 tahun itu terhadap cuaca di Indonesia.

"Tapi dia langsung blend tadi dan memberilan satu assis yang buat saya satu surprise atas penampilan Kim," kata pelatih asal Kota Metro, Lampung itu.

RD berharap anak asuhnya itu terus berkembang dan cepat beradaptasi dengan pemain-pemain yang lain sehingga memahami chemistry yang dibutuhkan dalam sebuah tim.

"Saya puas, Kim pemain yang juga mungkin akan siap main sebagai center back. Menurut saya, ini penampilan atau debut yang sangat baik bagi Kim," pungkasnya.

Kim baru ditarik keluar oleh RD dan digantikan pemain cadangan pada menit-menit akhir menjelang pertandingan berakhir dengan hasil imbang.

Pada laga pekan kedua Liga 1 2021 Madura United lawan PSM Makassar yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Selatan, Minggu malam, kedua tim harus puas berbagi skor 1-1.

Gol pertama dicetak PSM Makassar lewat Ilham Udin Armain pada menit ke-35, sedangkan gol Madura United disumbangkan Rafael Silva lewat tandukannya di menit ke-50.