Bupati Lampung Tengah pastikan pasokan oksigen di RS swasta masih aman

id Oksigen,pasien covid lampung tengah

Bupati Lampung Tengah pastikan pasokan oksigen di RS swasta masih aman

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad saat meninjau salah satu rumah sakit swasta di kabupaten tersebut, Rabu (7/7/2021). Antaralampung.com/HO

Saya berharap rumah sakit swasta secara cepat menyiapkan persediaan oksigen
Lampung Tengah (ANTARA) - Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad bersama Sekretaris Daerah setempat Nirlan, meninjau sejumlah rumah sakit swasta di kabupaten tersebut, yakni RSHB, RSIA dan RS YMC.

Peninjauan ini untuk melihat ketersediaan oksigen bagi pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut.

"COVID-19 di Lampung Tengah saat ini kian merebak. Kami ingin melihat kesiapan rumah sakit swasta di Lampung Tengah ini. Kemudian juga ketersediaan oksigen untuk pasien COVID-19. Hal ini agar tidak terjadi kelangkaan," kata Musa, usai melakukan peninjauan, Rabu.

Bupati mengatakan, saat ini pasokan oksigen untuk pasien COVID-19 di rumah sakit swasta di Lampung Tengah masih aman. 

"Untuk saat ini masih aman oksigen. Saya berharap rumah sakit swasta secara cepat menyiapkan persediaan oksigen, sehingga pasien COVID-19 bisa tertangani dengan baik," katanya lagi.

Ia berharap, ke depan harus ada persiapan manakala terjadi lonjakan pasien COVID-19. Pihak rumah sakit swasta juga diharapkan terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Lampung Tengah dalam persediaan alat kesehatan dan obat COVID-19. 

"Karena mengingat RSUD Demang Sepulau Raya saat ini sudah beralih fungsi menjadi rumah sakit khusus penanganan COVID-19. Jadi RS swasta juga harus dipersiapkan," katanya lagi. 

Musa juga berpesan kepada tenaga kesehatan sebagai garda terdepan, untuk tetap menjaga kesehatan dan bersemangat dalam menangani pasien COVID-19.

Bupati juga mengimbau masyarakat untuk tetap menerpakan protokol kesehatan dan menjauhi aktivitas yang membuat kerumunan.

"Apabila penanganan COVID-19 ini ditanggapi dengan sungguh-sungguh, maka segala aktivitas ekonomi dan masyarakat bisa kembali normal," katanya pula. 
Baca juga: RS Lampung Tengah tambah 20 tempat tidur pasien COVID-19
Baca juga: RS DSR Lampung Tengah tambah ruang dan tempat tidur untuk pasien COVID-19