Monaco raih tiket Liga Champions dan Lyon cuma dapat Liga Europa

id liga prancis,as monaco,lyon,rc lens,ogc nice

Monaco raih tiket Liga Champions dan Lyon cuma dapat Liga Europa

Penyerang AS Monaco Wissam Ben Yedder (kiri) berebut bola dengan kiper RC Lens Jean-Louis Leca dalam laga pekan pemungkas Liga Prancis 2020/21 di Stadion Felix Bollaert-Delelis, Lens, Prancis, Minggu (23/5/2021) waktu setempat. (ANTARA/AFP/Francois Lo Presti)

Jakarta (ANTARA) - AS Monaco meraih tiket kualifikasi Liga Champions dan Olympique Lyon cuma mendapat tiket fase grup Liga Europa setelah keduanya sama-sama gagal meraih kemenangan dalam rangkaian laga pekan pemungkas Liga Prancis 2020/2021 yang berlangsung serempak Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Monaco hanya bisa memetik satu poin setelah bermain imbang 0-0 dalam lawatan ke markas tim promosi RC Lens di Stadion Felix Bollaert-Delelis.

Dominasi 65 persen penguasaan bola yang berusaha dikonversi lewat sedikitnya 19 percobaan tembakan sepanjang laga gagal menghasilkan satu gol pun untuk Monaco.

Sebaliknya tuan rumah yang hanya melepaskan empat percobaan tembakan nyaris merebut keunggulan pada menit ke-76 jika saja tembakan Seko Fofana dari tengah kotak penalti tak membentur tiang gawang.



Kendati hanya meraih satu poin, nasib Monaco dalam perburuan tiket Liga Champions nyatanya tetap aman, sebab dalam laga lain Lyon secara mengenaskan kalah 2-3 dari tamunya OGC Nice di Stadion Groupama.

Karl Toko Ekambi membawa Lyon memimpin pada menit ke-14, tetapi Nice bisa menyamakan kedudukan lewat sambaran bola liar Kasper Dolberg 13 menit berselang.

Ekambi kembali membawa Lyon unggul pada menit ke-40 lewat tandukannya, sayang tiga menit berselang kesempatannya mengemas trigol mendapati golnya dianulir oleh VAR.

Keunggulan Lyon raib lagi lima menit memasuki babak kedua ketika kiper Anthony Lopes gagal menghalau tembakan jarak jauh Hassane Kamara.

Lantas pada menit ke-57 William Saliba menuntaskan kebangkitan Nice yang berbalik memimpin lewat gol sundulannya dalam situasi bola mati.

Lyon berusaha bangkit tetapi empat percobaan tembakan mereka tak membuahkan hasil lagi, hingga Nice membawa pulang tiga poin penuh lewat kemenangan 3-2 pada ujung laga.

Hasil-hasil itu membuat Monaco tetap finis posisi ketiga dengan raihan 78 poin dan mendapat tiket babak ketiga kualifikasi Liga Champions musim depan.

Sedangkan Lyon gagal menambah raihan 76 poin dalam posisi keempat dan akan tampil pada fase grup Liga Europa musim depan, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.