Pemkab Garut kembangkan wisata berbasis budi daya ikan di Situ Bagendit Banyuresmi

id Pemkab garut,garut,situ bagendit,wisata,wisata garut

Pemkab Garut kembangkan wisata berbasis budi daya ikan di Situ Bagendit Banyuresmi

Kawasan Wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. (ANTARA/Feri Purnama)

Kita ada rumpon-rumpon yang dijadikan bagian dari wisata yang juga jadi daya tarik
Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat mendorong pengembangan wisata berbasis budidaya ikan di kawasan wisata danau Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi agar memiliki daya tarik tersendiri sekaligus mendongkrak ekonomi masyarakat.

"Kita ada rumpon-rumpon yang dijadikan bagian dari wisata yang juga jadi daya tarik," kata Bupati Garut Rudy Gunawan di Garut, Rabu.

Ia menuturkan Pemkab Garut terus berupaya mengembangkan berbagai potensi pariwisata, salah satunya objek wisata danau Situ Bagendit yang saat ini mendapatkan perhatian juga dari Pemerintah Provinsi Jabar dan pusat.

Pemkab Garut, lanjut dia, akan membuat daya tarik baru untuk memanfaatkan sumber daya alam Situ Bagendit dengan mendorong masyarakat sekitar agar bisa bekerja sama dalam pengembangan budidaya ikan di kawasan itu.

"Rumpon ini dijadikan oleh kita bagian dari wisata untuk pengelolaan air yang berbasis dengan perikanan," katanya.

Menurut dia budidaya ikan di Situ Bagendit akan membuahkan hasil yang cukup bagus, terbukti selama ini banyak ikan yang tumbuh dengan ukuran besar.

Pemkab Garut, lanjut dia, pernah menebar sebanyak 500 ribuan benih ikan, bahkan pemerintah pusat juga memberikan bantuan ratusan ribu benih ikan untuk ditebar di kawasan Situ Bagendit.

"Waktu itu kami (menebar) sekitar 500 ribu (benih ikan), ratusan ribu kami mendapatkan dari kementerian itu ditaruh di sana, yang kecil-kecil sekarang sudah pada gede banyak ikannya," katanya.
Baca juga: Garut terapkan program paket wisata untuk dongkrak kunjungan
Baca juga: Pemkab Garut dorong obyek wisata Situ Cibeureum sebagai wisata hutan