Garut terapkan program paket wisata untuk dongkrak kunjungan

id Pemkab Garut, Garut, pariwisata, paket wisata, dinas pariwisata

Garut terapkan program paket wisata untuk dongkrak kunjungan

Sejumlah wisatawan bermain di kawasan wisata Pantai Santolo, Kabupaten Garut, Jawa Barat beberapa waktu lalu. (ANTARA/Feri Purnama)

Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat menerapkan program paket wisata yaitu melakukan kunjungan ke beberapa destinasi wisata dalam satu kawasan sehingga bisa mendongkrak kunjungan yang memberikan kenyamanan dan berkesan.

"Paket wisata ini untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Budi Gan Gan di Garut, Minggu.

Ia menuturkan destinasi wisata yang menjadi paket wisata yaitu kawasan Kamojang di Kecamatan Samarang dan Darajat di Kecamatan Pasirwangi.

Wilayah itu, kata dia, memiliki banyak destinasi wisata yang menarik yaitu pemandangan alam pegunungan, penginapan, dan juga wisata pemandian air panas.

"Paket wisatanya banyak (dari Kecamatan Samarang) sampai ke Darajat," katanya.

Ia menyebutkan paket wisata di daerah lainnya yaitu wisata pantai seperti Pantai Santolo di Kecamatan Cikelet, Sayang Heulang di Kecamatan Pameungpeuk dan sejumlah wisata pantai lainnya yang memiliki daya tarik tersendiri.

Selanjutnya, kata dia, ada wisata Situ Cangkuang di Kecamatan Leles yang sepaket dengan objek wisata lain seperti Cipanas Garut di Kecamatan Tarogong Kaler, Gunung Guntur, dan Papandayan.

"Situ Cangkuang masuk paket dengan Cipanas, Papandayan, Gunung Guntur, dan Sukaregang wisata belanja," katanya.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyatakan Pemkab Garut telah merencanakan pembangunan pariwisata, salah satunya paket wisata kawasan tengah Kabupaten Garut yaitu Kecamatan Samarang dan Pasirwangi.

Ia menyebutkan kawasan Samarang memiliki beberapa destinasi wisata alam seperti di Kamojang ada pusat konservasi elang, Situ Cibeureum, dan terdapat tempat penginapan yang dekat dengan objek wisata.

"Ada jalur Pasirwangi, dan jalur Samarang ada Kamojang Fillage, ada Situ Cibereum, jadi satu paket," kata Helmi.