Keripik singkong tembus pasar Korea Selatan

id Keripik singkong, deliserdang, korea selatan

Keripik singkong tembus pasar Korea Selatan

Ekspor perdana keripik singkong asal Deliserdang (ANTARA/HO)

Lubuk Pakam (ANTARA) - Keripik singkong asal Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, berhasil menembus pasar Korea Selatan, yang ditandai dengan ekspor perdana keripik singkong PT. Kreasi Lutvi Sejahtera.



Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Deliserdang T. M. Zaki Aufa, mengatakan, Muhdi memang sudah lama merintis memasarkan berbagai produk keripik singkong olahannya bukan hanya dalam daerah namun juga ke luar negeri.



Selama ini, keripik olahan Muhdi tersebut memakai nama perusahaan atau PT orang lain kurang lebih 6 tahun. Dan selama itu juga, kegiatan ekspor keripik olahan Muhdi itu tidak menggunakan nama perusahaan sendiri.



Namun, Tim yang berada dib awah Dinas Perindag Deli Serdang bersama-sama membantu Muhdi dalam hal pembuatan izin perusahaan.



"Akhirnya keripik singkong atas nama perusahaan milik Pak Muhdi terwujud. Tujuan Ekspor keripik singkong yaitu dikirim Ke Korea Selatan. Untuk dalam negeri, dikirim ke Lampung dan Jakarta.”Jelas T M. Zaki Aufa.



Ekspor perdana keripik singkong ke Korea Selatan tersebut berlangsung di Aula Gedung P3UD Kecamatan Tanjung Morawa, yang ditandai dengan pemecahan kendi sekaligus Pemberian SK Pengesahan Kementerian Hukum dan HAM kepada Koperasi Opak Karya Bersama Desa Tuntungan I Kecamatan Pancur Batu



Sementara Pimpinan PT. Kreasi Lutvi Sejahtera, Muhdi ,mengatakan dirinya sangat berterima kasih kepada Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan karena telah dibantu dalam mengembangkan usahanya dan bersama-sama diundang ke istana Presiden RI pada tahun 2015.



“Saya bersama-sama Bapak Bupati H Ashari Tambunan menerima undangan ke Istana Presiden untuk menerima penghargaan Paramakarya Tahun 2015 dan diberikan Langsung oleh Presiden Joko Widodo, " katanya.



Ia mengatakan selama ini kegiatan ekspor Keripik singkong tersebut masih memakai nama perusahaan orang lain, namun saat ini sudah bisa memakai nama perusahaan sendiri.



Untuk itu ia berterimaksih kepada Pemkab Deliserdang terutama Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang telah membantu mengurus dokumen dan izin perusahaannya.



*Semoga semuanya berjalan lancar dan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kemajuam usaha kami ini, " katanya.

Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar