Antisipasi kemacetan, Polres Metro Lampung lakukan rekayasa lalu lintas

id Polresmetro,polres metro lampung

Antisipasi kemacetan, Polres Metro Lampung lakukan rekayasa lalu lintas

Pengalihan arus lalu lintas yang akan dilakukan Polres Metro, Lampung pada malam pergantian tahun. (Antaralampung.com/HO)

Tapi ini sifatnya masih tentatif dan melihat keadaan
Metro (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Kota Metro, Lampung siap melakukan rekayasa lalu lintas di beberapa jalan kota ini, untuk mengantisipasi terjadi kemacetan pada malam pergantian tahun khususnya di pusat kota. 

Kapolres Metro AKBP Retno Prihawati didampingi Kasat Lantas AKP Winnani Roniyus mengatakan, rekayasa lalu lintas akan dimulai pada pukul 19.00 WIB di beberapa ruas jalan protokol khususnya jalan yang mengarah ke Taman Merdeka dan Samber Park. 

"Karena Taman Merdeka dan Samber Park adalah titik keramaian dan sering terjadi kemacetan. Nanti pukul 19.00 WIB kami sudah mulai lakukan penyekatan dengan sistem buka tutup," kata dia, di Mapolres Metro, Kamis. 

Kemudian, pada pukul 21.00 WIB, jalan yang menuju Taman Merdeka dan Samber Park akan mulai ditutup total dan arus lalu lintas dialihkan ke jalan lainnya.

"Tapi ini sifatnya masih tentatif dan melihat keadaan," ujarnya pula.

Kapolres menjelaskan, nantinya untuk arus lalu lintas dari Bandarlampung melalui Jalan Jenderal Sudirman dialihkan di simpang traffic light Rasyid Wahyu menuju Jalan Maulana atau Jalan Yos Sudarso. 

Kemudian, arus lalu lintas dari Lampung Tengah melalui Jalan Pattimura dialihkan di simpang Auto 2000 menuju Jalan Raden Intan dan di simpang Jalan KH Arsyad. Lalu, arus lalu lintas dari Lampung Timur melalui Jalan Hasanudin dialihkan ke Jalan Tulangbawang dan Simpang Santamaria menuju Jalan AH Nasution. 

"Kemudian arus lalu lintas dari Lampung Timur menuju Kota Metro yang melalui Jalan AH Nasution dialihkan di simpang Bank Mandiri menuju Jalan Rajabasa dan Way Gayau. Dan arus lalu lintas dari Lampung Timur yang melalui Jalan Ahmad Yani dialihkan di simpang Apotik Melati menuju Jalan Mr Gele Harun dan Jalan Rajabasa," katanya lagi.

Menurut Kapolres, pada malam pergantian tahun, pihaknya bersama dengan personel TNI dan Satpol PP akan melakukan patroli di wilayah rawan terjadi kerumunan masyarakat. 

Pihaknya mengimbau masyarakat Kota Metro untuk tetap di rumah pada malam pergantian tahun, dan tidak mengadakan perayaan terlebih melibatkan kerumunan. 

"Ketika nanti malam kami temukan ada yang mengadakan pesta atau ada  kerumunan di tempat keramaian tentu akan kita bubarkan sesuai dengan peraturan wali kota," katanya pula. 
Baca juga: Oknum Polres Lampung Barat digerebek warga di Metro
Baca juga: Miliki sabu-sabu, seorang ASN di Lampung Tengah ditangkap Polres Metro