Lampung Utara gelar Kotabumi Art Festival 2020

id cangget bara, kotabumi art festival, lampung utara

Lampung Utara gelar Kotabumi Art Festival 2020

Kegiatan Festival Cangget Bara (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung menggelar Cangget Bara dan Kotabumi Art Festival 2020 sebagai kegiatan seni budaya daerah setempat yang telah rutin dilaksanakan sejak 2018.

"Dengan mengusung tema 'Cangget Bara dalam Ragem Tunas Lampung' mempunyai makna sebuah bentuk pelestarian tradisi masyarakat di tengah keberagaman sebagai modal pemajuan kebudayaan yang terjalin bersama dalam keramahtamahan masyarakat," kata Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Sabtu.

Ia menyebutkan Cangget Bara merupakan tarian tradisi masyarakat Kabupaten Lampung Utara yang dilakukan oleh para muda mudi dengan suka cita dalam menyambut malam bulan purnama.

Ia mengatakan Cangget Bara dan Kotabumi Art Festival Tahun 2020 merupakan media untuk mempertemukan berbagai komunitas budaya dan individu untuk berbagi ide, pengalaman dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah dalam memajukan dan melestarikan kesenian serta budaya daerah.

Selain itu, membangun kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat dalam menghidupkan dan mengoptimalkan pemanfaatan potensi  Kabupaten Lampung Utara, dengan harapan berdampak pada pertumbuhan kreativitas dan ekonomi masyarakat lokal serta sekaligus peningkatan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara di daerah itu.

Pada Cangget Bara dan Kotabumi Art Festival Tahun 2020 disajikan film tentang situs budaya di Kabupaten Lampung Utara, seperti Situs Cangok Ghacak, Situs Keramat Teluk, dan Situs Batu Kodok, yang akan ditayangkan dalam film dokumenter.

Festival yang dilaksanakan pada 30 Oktober sampai dengan 1 November 2020 bertempat di Lapangan Tenis In Door Sukung Kotabumi Kabupaten Lampung Utara diikuti muda mudi perwakilan kampung, komunitas budaya, baik yang berasal dari Kabupaten Lampung Utara maupun kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, serta dari luar Lampung.

Berkaitan dengan pelaksanaan festival di tengah pandemi COVID- 19, kegiatan ditayangkan secara daring di kanal Youtube, melalui proses pengambilan video oleh masing-masing penampil dari luar Kabupaten Lampung Utara, dan akan dilaksanakan pertunjukan konvensional untuk penampil dari kabupaten setempat, dengan tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan.

Pemerintah Kabupaten Lampung Utara berkomitmen terus mengembangkan serta melestarikan seni dan budaya melalui pembinaan berkesinambungan terhadap para pelaku budaya dan kesenian, para pendidik kesenian, serta pelajar.

"Semoga kegiatan ini mendapatkan apresiasi dan dukungan dari berbagai pihak, sebagai salah satu momentum terbaik dalam pembinaan seni budaya dan hiburan yang dapat menumbuhkan rasa memiliki kebudayaan dan dapat menjadi agenda kegiatan tahunan dalam promosi seni dan budaya, khususnya Kabupaten Lampung Utara," kata dia.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar