Lampung Utara gelar Cangget Bara dan Kotabumi Art Festival 2020

id festival cangget bara, kota bumi art, lampung utara

Lampung Utara gelar Cangget Bara dan Kotabumi Art Festival 2020

Kegiatan Cangget Bara dan Kota Bumi Art Festival 2020 (ANTARA/HO)

Lampung Utara (ANTARA) - Kabupaten Lampung Utara,  Provinsi Lampung menggelar Cangget Bara dan Kotabumi Art Festival 2020 merupakan kegiatan pagelaran seni budaya daerah yang telah rutin dilaksanakan sejak tahun 2018. 

"Dengan mengusung tema 'Cangget Bara dalam Ragem Tunas Lampung' mempunyai makna sebuah bentuk pelestarian tradisi masyarakat di tengah keberagaman sebagai modal pemajuan kebudayaan yang terjalin bersama dalam keramahtamahan masyarakat," kata Bupati Lampung Utara,  Budi Utomo,  dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung,  Sabtu.


Ia menyebutkan Cangget Bara sendiri merupakan tarian tradisi masyarakat wilayah Kabupaten Lampung Utara yang dilakukan oleh para muda mudi dengan suka cita dalam menyambut malam bulan purnama tiba. 

Menurutnya,  Cangget Bara dan Kotabumi Art Festival Tahun 2020 merupakan media untuk  mempertemukan berbagai komunitas budaya dan individu untuk berbagi ide, pengalaman dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah dalam memajukan dan melestarikan kesenian dan budaya daerah.


Selain itu,  membangun kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat dalam menghidupkan dan mengoptimalkan daerah Kabupaten Lampung Utara, dengan harapan akan berdampak pada pertumbuhan kreativitas dan ekonomi masyarakat lokal dan sekaligus peningkatan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara terhadap daerah setempat. 

Pada Cangget Bara dan Kotabumi Art Festival Tahun 2020 ini akan disajikan film tentang situs budaya yang terdapat di Kabupaten Lampung Utara, seperti Situs Cangok Ghacak, Situs Keramat Teluk dan Situs Batu Kodok, yang akan ditayangkan dalam film dokumenter. 


Festival yang dilaksanakan pada 30 Oktober sampai dengan 1 November 2020 bertempat di Lapangan Tenis In Door Sukung Kotabumi Kabupaten Lampung Utara ini, diikuti oleh muda mudi perwakilan kampung, komunitas budaya baik yang berasal dari wilayah Kabupaten Lampung Utara, kabupaten/kota se-Provinsi Lampung maupun dari luar Lampung. 

Berkaitan dengan pelaksanaan festival di masa pandemi COVID- 19 ini, festival akan ditayangkan secara daring dikanal youtube, melalui proses pengambilan video oleh masing-masing penampil dari luar wilayah Kabupaten Lampung Utara, dan akan dilaksanakan pertunjukan konvensional untuk penampil dalam wilayah kabupaten setempat, dengan tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan.


Budi mengatakan,  Pemerintah Kabupaten Lampung Utara berkomitmen dan bertekad untuk terus mengembangkan serta melestarikan seni dan budaya yang ada melalui pembinaan berkesinambungan yang dilakukan terhadap para pelaku budaya dan kesenian, para pendidik kesenian serta pelajar.


"Semoga kegiatan ini mendapatkan apresiasi dan dukungan dari berbagai pihak,  sebagai salah satu momentum terbaik dalam pembinaan seni budaya dan hiburan yang dapat menumbuhkan rasa memiliki kebudayaan dan dapat menjadi agenda kegiatan tahunan dalam promosi seni dan budaya khususnya Kabupaten Lampung Utara," tambahnya.