Pejabatnya positif COVID, tes cepat massal akan dilakukan di Kabupaten Waykanan

id Corona Lampung, dinkes Lampung, tes cepat massal,positif,waykanan

Pejabatnya positif COVID, tes cepat massal akan dilakukan di Kabupaten Waykanan

Situasi sterilisasi lingkungan kantor pemerintah Kabupaten Waykanan, , Senin 10/8/2020 (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung akan melakukan tes cepat massal di Kabupaten Waykanan sebagai upaya penelusuran dan antisipasi persebaran COVID-19 di lingkungan Kantor Pemerintah Kabupaten Waykanan.

"Kita akan segera melakukan tes cepat massal di Kabupaten Waykanan untuk mencegah adanya persebaran COVID-19," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan, pelaksanaan tes cepat massal akan dikoordinasikan kembali kepada Kabupaten Waykanan untuk teknis pelaksanaan kegiatan tersebut.



"Kita terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Waykanan untuk menentukan siapa saja yang hendak ditelusuri riwayat kontak serta dilakukan tes cepat, dan kita usahakan menggunakan sistem snow ball agar semua teratasi," ujarnya.

Menurutnya, dengan menggunakan sistem snow ball penelusuran atas kontak pasien positif COVID-19 akan ditelusuri hingga tuntas.

"Kita harapkan dengan tes cepat ini penelusuran kontak terhadap kasus positif COVID-19 dapat ditelusuri dengan baik," katanya.

Ia menjelaskan, untuk pelaksanaan sterilisasi dan penutupan lingkungan kantor pemerintahan Kabupaten Waykanan harus dilakukan.



"Sterilisasi dan penutupan sementara harus dilakukan untuk menghindari persebaran COVID-19, namun semua menjadi wewenang Pemerintah Kabupaten setempat," ucapnya.

Di konfirmasi secara terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan, Anang Risgianto mengatakan saat ini lingkungan Pemerintah Kabupaten Wak Kanan dalam proses sterilisasi.

"Untuk sterilisasi lingkungan kantor Pemerintah Kabupaten Waykanan dan penelusuran atas kontak erat dengan pasien terkonfirmasi saat ini dalam proses pelaksanaan," ujar dia.
 
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar