Komunitas kendaraan wisata "Parang Menoreh Jeep Adventure" bagikan 1.500 masker di Borobudur

id komunitas kendaraan wisata, bagikan masker di borobudur,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel c,wisata borobudur

Komunitas kendaraan wisata "Parang Menoreh Jeep Adventure" bagikan 1.500 masker di Borobudur

Komunitas kendaraan wisata "Parang Menoreh Jeep Adventure" melakukan bakti sosial dengan membagikan sebanyak 1.500 masker kain dan hand sanitizer kepada masyarakat sekitar Borobudur. ANTARA/Heru Suyitno

Wilayah ini sangat strategis, selain sebagai objek wisata favorit, Borobudur juga merupakan wilayah strategis jalur alternatif bagi masyarakat
Magelang (ANTARA) - Komunitas kendaraan wisata "Parang Menoreh Jeep Adventure" melakukan bakti sosial dengan membagikan sebanyak 1.500 masker kain dan hand sanitizer kepada masyarakat sekitar Borobudur, Kabupaten Magelang untuk mencegah penularan virus corona penyebab COVID-19.

Ketua Umum Parang Menoreh Jeep Adventure Peduli COVID-19 Bayu Wijanarko di Magelang, Senin, mengatakan dalam bakti sosial ini juga melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar kawasan Candi Borobudur.

"Wilayah ini sangat strategis, selain sebagai objek wisata favorit, Borobudur juga merupakan wilayah strategis jalur alternatif bagi masyarakat yang akan ke Purworejo, Magelang, Yogyakarta, Kulon Progo dan sebagainya. Dalam bakti sosial ini kami juga membagikan puluhan rice box kepada masyarakat kecil seperti tukang becak," katanya.
Baca juga: PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko antisipasi penyebaran Covid-19


Ia berharap bantuan ini bisa menjadi inspirasi masyarakat Borobudur untuk lebih peduli dalam menjaga kebersihan dan kesehatan diri guna mencegah penularan COVID-19.

"Selain itu tetap berada di rumah, keep social and phisical distancing. Mari bersama-sama cegah dan basmi corona dari desa untuk Indonesia tercinta," katanya.

Ia menyampaikan seperti diketahui bersama, sudah satu bulan lebih virus corona mengganggu aktivitas masyarakat. Penyebarannya semakin merajalela dan bisa menyebar sangat cepat di banyak negara.

Bayu mengatakan pemerintah terus melakukan langkah-langkah cepat untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut. Antisipasi ini tentu diharapkan mampu menekan grafik penyebaran virus corona di Indonesia.
Baca juga: PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko perpanjang penutupan


Pemerintah juga telah menekankan pentingnya kesadaran warga untuk menggunakan alat pelindung diri, antara lain memakai masker saat berada di luar rumah untuk menghindari penularan virus corona.

Namun, katanya imbauan memakai masker ini masih dianggap sebelah mata oleh sebagian masyarakat. Padahal masker sangat berguna untuk membantu mencegah penularan dan penyebaran corona.

Selain menggunakan masker, katanya ada juga hand sanitizer yang digunakan untuk keadaan darurat saja, misalnya saat berada di luar rumah dan benar-benar tidak ada sabun, maka jalan satu-satunya untuk membersihkan tangan adalah menggunakan hand sanitizer.

"Berawal dari keprihatinan tersebut, kami melihat masih banyak masyarakat yang ke luar rumah tanpa menggunakan alat pelindung diri maka kami melakukan bakti sosial ini," katanya.
Baca juga: Wisata candi tetap aman dikunjungi wisatawan