Pemkab Kubu Raya buka pendaftaran KRTV Fest 2020 hingga 22 Januari

id festival pariwisata kubu raya,KRTV fest 2020,kalbar,wisata kubu raya

Pemkab Kubu Raya buka pendaftaran KRTV Fest 2020 hingga 22 Januari

Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan bersama istri saat menghadiri kegiatan festival durian khatulistiwa 2019 di Pontianak. (FOTO ANTARA/Rendra Oxtora)

"KRTV Fest adalah festival video blogger yang bertujuan mengangkat potensi-potensi wisata di Kubu Raya melalui media kreatif. Vlog yang terdaftar dan terkumpul akan diseleksi oleh tim juri mulai 24-31 Januari 2020. Disesuaikan dengan jumlah vlog yang
Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya, Kalimantan Barat membuka pendaftaran untuk kegiatan Kubu Raya Traveler-Tourism Vlog Festival (KRTV Fest) 2020 di mana peserta dapat melakukan pendaftaran sejak tanggal 2 hingga 22 Januari mendatang.

"KRTV Fest adalah festival video blogger yang bertujuan mengangkat potensi-potensi wisata di Kubu Raya melalui media kreatif. Vlog yang terdaftar dan terkumpul akan diseleksi oleh tim juri mulai 24-31 Januari 2020. Disesuaikan dengan jumlah vlog yang masuk," kata Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kubu Raya, Iping Hindrawati, di Sungai Raya, Minggu.
Baca juga: Promosikan wisata, Pemkab Kubu Raya gelar festival vlog

Iping menjelaskan, pada tahapan pertama akan dipilih 40 vlog untuk berlanjut ke tahap seleksi kedua yang akan dilaksanakan pada awal Februari 2020. Dari tahap ini akan dipilih 20 vlog untuk masuk ke babak final. Kemudian ditentukan para pemenang dan tersesuai berdasarkan kategori-kategori yang telah ditentukan.

"Persiapan teknis dan penyebarluasan informasi kegiatan sudah kami siapkan dan lakukan. Demi mengoptimalkan dan menyukseskan kegiatan ini," katanya.

Dia mengungkapkan, malam penganugerahan pemenang direncanakan pada 5 Maret 2020. Dalam sebuah jamuan makan malam bersama Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan dengan dihadiri seluruh peserta KRTVF 2020.

"Ini bentuk apresiasi kepada seluruh peserta vlog festival," katanya.

Menurutnya, cukup banyak potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Kubu Raya. Mulai dari bentang keindahan alam, keragaman flora dan fauna, dan heterogenitas budaya serta adat istiadat. Kesemuanya, menurut dia, menjadi sumber daya penting yang jika dikelola sangat mungkin dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Jadi melalui ajang KRTV Fest 2020 hal itu bisa dimaksimalkan, tentunya butuh waktu dan proses. Selain sebagai sarana untuk lebih mengenalkan dan mengeksplorasi, juga dapat mengangkat potensi-potensi yang ada di Kubu Raya melalui media kreatif yakni video blogger atau vlog," katanya.
Baca juga: Pemkab Kubu Raya gelar kembali Gerakan Wisata Tanam Padi Milenial

Karena itu, Iping mengajak kaum muda untuk beramai-ramai mengikuti KRTV Fest. Dirinya mengaku berharap ada karya-karya segar berkonten lokal kuat yang nantinya dihasilkan oleh generasi milenial Kubu Raya.

Tidak kalah penting, kata dia, proses dan dampak perhelatan KRTV Fest 2020 diharapkan bisa mendongkrak minat masyarakat melakukan perjalanan ke destinasi wisata yang ada di Kubu Raya.

"Jadi siapa yang tidak mau jika jalan-jalan wisatanya lebih berguna. Selain memberi informasi tempat-tempat wisata di Kubu Raya, membantu berbagai kalangan, juga ditonton banyak orang. Bahkan berpeluang menang dan mendapat uang pembinaan. Maka melalui perhelatan KRTV Fest 2020 itu semua bisa terjadi," katanya.

Secara terpisah, Bupati Kubu Rata Muda Mahendrawan menyebut KRTV Fest sebagai satu di antara inovasi dan improvisasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dalam mengangkat potensi wisata di Kubu Raya.

KRTV Fest, menurut dia, menjadi media interaksi untuk menjembatani para vlogger pada khususnya dan pelaku ekonomi kreatif secara umum dengan masyarakat serta Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui cara yang inovatif.
Baca juga: Kubu Raya menjadikan Robo'-robo' ajang wisata unggulan

Festival, tambahnya, juga menjadi salah satu wadah penting pengembangan kemampuan dan eksplorasi potensi kaum muda di Kubu Raya khususnya, dan Kalimantan Barat serta Indonesia pada umumnya.

"Ini sesuai dengan tagline Dari Kubu Raya untuk Indonesia yang selalu kita gaungkan. Keterhubungan dari potensi-potensi wisata dan potensi para milenial sebagai upaya bersama untuk menjadi juara dalam menggelorakan pariwisata di Kubu Raya," katanya.

Ia menambahkan upaya menggali dan mengembangkan potensi wisata yang ada merupakan hal utama, di mana hal itu juga dikaitkan dengan perkembangan kecanggihan teknologi digital sekaligus mewadahi potensi kaum muda milenial dengan kreativitasnya.

Atas dasar itulah, menurutnya, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar Kubu Raya Traveler Tourism Vlog Festival atau KRTV Fest.

"Kegiatan ini bertujuan mengangkat potensi wisata lokal, meningkatkan gairah per-vlog-an, serta dalam rangka regenerasi sineas dari kalangan milenial Kubu Raya," katanya.