Bazar ikan di akhir tahun di Lampung

id bazar ikan akhir tahun,HSNI lampung,libur akhir tahun,bazar ikan

Bazar ikan di akhir tahun di Lampung

Seorang warga tengah melaksanakan kegiatan tawar menawar di bazar ikan akhir tahun TPI Lempasing, Bandarlampung, Senin 30/12/2019 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI) Lampung menggelar bazar ikan akhir tahun untuk membangkitkan kembali pasar ikan sore di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Lempasing.

"Dahulu di tempat pelelangan ikan Lempasing sempat ada pasar ikan di sore hari, namun kini berpindah menjadi petang hingga subuh,oleh karena itu kita coba hidupkan kembali pasar ikan sore di sini," ujar Ketua HNSI DPC kota Bandarlampung, Kusairi, Bandarlampung, Senin.

Ia menjelaskan, pasar ikan yang dibuka pada subuh merupakan pasar ikan bagi pedagang ikan, sejak pasar ikan sore ditiadakan maka TPI Lempasing jarang menyediakan ikan dalam jumlah sedikit atau eceran untuk pembeli dan konsumsi rumah tangga.

"Agar TPI Lempasing dapat menyukseskan program gerakan gemar makan ikan maka kita mencoba menghidupkan kembali pasar ikan sore agar kebutuhan konsumsi ikan di setiap rumah tangga dapat tertangani secara langsung," katanya

Bazar ikan akhir tahun yang baru pertama kali diselenggarakan ini, juga menjadi sarana membantu perekonomian keluarga nelayan, dan para istri nelayan dapat berinovasi mengolah ikan menjadi berbagai produk yang berkualitas dan layak jual.

"Di bazar kali ini selain ikan segar kami juga menyediakan beragam olahan ikan seperti pempek, otak-otak, keripik kulit ikan patin, yang di olah oleh istri para nelayan," ujarnya.

Kusairi mengatakan, bazar ikan akhir tahun yang baru pertama digelar di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Lempasing selain membangkitkan pasar ikan sore juga memfasilitasi masyarakat agar mendapatkan ikan segar dengan harga terjangkau.

"Bazar ikan akhir tahun kali ini selain menghidupkan kembali pasar ikan sore juga memfasilitasi masyarakat agar dapat mendapatkan ikan segar berkualitas dengan harga terjangkau," katanya.

Baca juga: KKP apresiasi pembuatan pakan ikan berbahan baku maggot