Dinas Kominfo Banjar siap promosikan Pasar Terapung jadi tujuan wisata dunia

id pasar terapung,lok baintan,wisata banjar,wisata dunia,wisata kalsel

Dinas Kominfo Banjar siap promosikan Pasar Terapung jadi tujuan wisata dunia

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Banjar Farid Soufian berfoto dengan latar belakang Pasar Terapung Lok Baintan yang siap menjadi wisata kelas dunia.  (ANTARA/HO-Ist)

"Kami siap mendukung Pasar Terapung menjadi tujuan wisata dunia sehingga bisa dikunjungi oleh wisatawan internasional," ujar Kadis Kominfo dan Persandian Banjar Farid Soufian di Martapura, Minggu.
Banjarmasin (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan siap mempromosikan Pasar Terapung Lok Baintan bukan hanya menjadi tujuan wisatawan lokal dan nasional tetapi juga tujuan wisata dunia.

"Kami siap mendukung Pasar Terapung menjadi tujuan wisata dunia sehingga bisa dikunjungi oleh wisatawan internasional," ujar Kadis Kominfo dan Persandian Banjar Farid Soufian di Martapura, Minggu.

Ia mengatakan, langkah yang akan terus dilakukan adalah membantu mempublikasikan event termasuk Festival Pesona Pasar Terapung yang menjadi agenda tahunan bagi Pemkab Banjar.
Baca juga: Pemprov Kalsel alihkan sumber pendapatan dari tambang ke pariwisata

Disebutkan dia, publikasi melalui media sosial maupun media massa online, serta lembaga tur dan travel baik dalam negeri seperti di Yogyakarta, Bali dan Lombok serta luar negeri termasuk lewat sejumlah komunitas wisata akan dilakukan.

"Harapan kami, Festival Pasar Terapung tidak berdiri sendiri tetapi berkolaborasi dengan event lain dan seiring dengan acara kabupaten dan kota di Kalsel sehingga lama kunjungan wisatawan meningkat menjadi minimal 3-7 hari," katanya.
Baca juga: Pemprov Kalsel gelar 32 agenda pariwisata pada 2020

Dikatakan dia, lamanya kunjungan para wisatawan baik nusantara maupun internasional itu diharapkan mampu menggerakkan perekonomian baik di desa dan perkotaan di kabupaten dan kota se-Kalsel.

Ditambahkan, Pasar Terapung Lok Baintan di Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar merupakan aset atau warisan budaya (heritage) bagi Kabupaten Banjar bahkan Indonesia karena keunikannya.

"Unik karena transaksi jual beli di atas sungai antara satu jukung dengan jukung lain yang dilakukan pedagang 98 persen perempuan bahkan bisa terjadi transaksi sistem barter antarpedagang," ujarnya.
Baca juga: Keindahan wisata Kiram Park hasil polesan "Paman Birin"

Lebih lanjut diharapkannya, Festival Pesona Pasar Terapung Lok Baintan bisa menjadi agenda tahunan sehingga perlu keterlibatan dan peran serta sektor swasta dan pemangku kepentingan lainnya.

"Harapan kami, pihak swasta dan pemangku kepentingan lain berperan aktif sehingga gelaran festival setiap tahun semakin semarak dan tujuan menjadikan wisata kelas dunia bisa terwujud," katanya.