Distan Buleleng rancang wisata petik stroberi di Danau Buyan dan Tamblingan

id pemkab buleleng,wisata agro,wisata petik,petik stroberi, dinas pertanian, distan buleleng,wisata buleleng

Distan Buleleng rancang wisata petik stroberi di Danau Buyan dan Tamblingan

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng I Made Sumiarta ANTARA/Made Adnyana/2019

Rancangan agrowisata stroberi ini sesuai dengan misi Dinas Pertanian, yaitu menyejahterakan para petani di Kabupaten Buleleng, khususnya para petani di seputaran Danau Buyan dan Tamblingan," kata Kepala Distan Kabupaten Buleleng I Made Sumiarta
Singaraja (ANTARA) - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Buleleng, Bali merancang wisata petik stroberi di kawasan Danau Buyan dan Tamblingan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Bali Utara.

"Rancangan agrowisata stroberi ini sesuai dengan misi Dinas Pertanian, yaitu menyejahterakan para petani di Kabupaten Buleleng, khususnya para petani di seputaran Danau Buyan dan Tamblingan," kata Kepala Distan Kabupaten Buleleng I Made Sumiarta, di Singaraja, Selasa.
Baca juga: "Fishing competition" di Lovina-Bali jadi atraksi wisata bahari

Dalam pemetaan Danau Buyan dan Tamblingan tersebut, Distan Buleleng akan melaksanakan berbagai program yang mampu menunjang perekonomian para petani.

Karena itu, kata dia, langkah yang diambil adalah agrowisata.

"Konsep yang memadukan antara pariwisata dengan pertanian itu sesuai dengan arahan dari Bapak Bupati Buleleng, juga sesuai dengan potensi di Danau Buyan dan Tamblingan yang salah satunya adalah agrowisata petik buah stroberi, karena itu Dinas Pertanian akan memadukan," katanya.
Baca juga: Wisata perahu di Danau Tamblingan Bali tarik turis mancanegara

Untuk konservasi lingkungan di sekitar Danau Buyan dan Tamblingan, Sumiarta bersama jajaran akan mengembangkan tanaman-tanaman keras yang memiliki nilai ekonomi, seperti pohon kopi yang juga sebagai penyerap air sekaligus mampu menanggulangi erosi di kawasan tersebut.

"Mudah-mudahan wisatawan yang berkunjung tidak 'ngumplek' (terfokus) di Danau Beratan saja, tetapi juga bisa berkunjung dan menikmati panorama indah di Danau Buyan dan Tamblingan," katanya.

Dengan adanya penataan Danau Buyan dan Tamblingan, Distan Buleleng akan lebih meningkatkan pembinaan terhadap kelompok-kelompok tani di kawasan tersebut, sehingga ke depannya perpaduan antara sektor pertanian dan pariwisata mampu berkembang dengan baik.

"Pembinaan terhadap para petani di seputaran danau kembar ini sudah dilakukan dan membentuk kelompok-kelompok tani jauh dilakukan sebelum dimulainya penataan," katanya.
Baca juga: Undiksha kembangkan wisata tirta dan rekreasi di Bendungan Titab Buleleng

Danau Buyan terletak di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, sekitar lima kilometer dari Bedugul yang merupakan wilayah Kabupaten Tabanan. Danau Buyan merupakan daerah perkebunan sayur dan lokasi favorit untuk berkemah, sedangkan Danau Tamblingan terletak di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.