City dikejutkan Wolverhampton, kalah 0-2 di kandang sendiri

id manchester city,wolverhampton,liga inggris,Man city

City dikejutkan Wolverhampton, kalah 0-2 di kandang sendiri

Pemain sayap Wolverhampton Adama Traore (kiri) mencetak gol ke gawang Manchester City disaksikan kiper Ederson Moraes (atas) dan bek Fernandinho (kanan) dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Minggu (6/10/2019). (ANTARA/REUTERS/Carl Recine)

Jakarta (ANTARA) - Manchester City dikejutkan oleh tamunya Wolverhampton dalam laga pekan kedelapan Liga Inggris dan menderita kekalahan 0-2 saat tampil di hadapan publik Stadion Etihad, Minggu.

Meski memiliki 76 persen penguasaan bola, Man City mendadak tumpul di lini depan sebab 18 percobaan tembakan mereka hanya dua saja yang menemui sasaran, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Milner isyarakat akan perpanjang kontrak di Liverpool

Sebaliknya, meski lebih banyak "menonton" Man City mengendalikan bola, Wolverhampton sukses memanfaatkan sedikit kesempatan yang mereka punya untuk melancarkan serangan balik, melepaskan dua tembakan tepat sasaran dan mengkonversi keduanya menjadi gol yang diborong Adama Traore dengan skenario dan penyelesaian yang hampir serupa.

Kekalahan itu memang tak mengganggu posisi Man City di peringkat kedua klasemen dengan raihan 16 poin, namun mereka mendapat pukulan berat dalam persaingan awal musim lantaran gagal memangkas selisih delapan poin dari Liverpool (24) di puncak.

Sedangkan Wolverhampton (10) yang dua pekan lalu masih berstatus nirkemenangan dan berkutat di zona degradasi kini naik ke urutan ke-12.

Baca juga: Liverpool puncaki Liga Inggris dengan 8 poin

Peluang Wolverhampton pada menit kelima seolah menjadi pertanda bahwa Man City akan menjalani laga yang sulit. Joao Moutinho berhasil menemukan celah pertahanan tuan rumah dan mengirim umpan terobosan untuk Patrick Cutrone, sayang penyerang Italia itu tak mampu menaklukkan kiper Ederson Moraes dalam situasi satu lawan satu.

Pada menit ke-20 Raul Jimenez berhasil mencuri bola di dekat kotak penalti, namun upayanya kembali terlalu jinak untuk Ederson dan bola muntah yang berusaha disambar Cutrone mampu dihalau oleh Fernandinho.

Tuan rumah perlahan mulai menemukan cara memanfaatkan dominasi penguasaan bola mereka saat Raheem Sterling melepaskan tembakan dari tepian kotak penalti pada menit ke-32 , namun kiper Rui Patricio ganti unjuk kebolehan.

Skor imbang nirgol bertahan hingga turun minum bahkan sampai separuh babak kedua berjalan, di mana City terlihat mendominasi bola tapi kesulitan menciptakan serangan berarti.

Pada menit ke-66, David Silva mengeksekusi tendangan bebas dengan cukup baik jika saja bolanya yang sudah memperdaya Patricio tak ditolak mistar gawang.

Baca juga: Leicester City akan belajar dari kekalahan lawan Liverpool

Entah angin dari mana, dominasi Man City tiba-tiba kehilangan bola di lini depan dan Wolverhampton melancarkan serangan balik pada menit ke-80 yang berujung gol pertama Traore.

Jimenez sukses memaksa Nicolas Otamendi menjegal angin di dekat kotak penalti City, ia lantas menyodorkan bola yang diselesaikan Traore ke sudut kanan bawah gawang menaklukkan Ederson serta membawa Wolverhampton unggul.

Tak laiknya juara bertahan yang ditampar setelah kebobolan, Man City tidak tampak membahayakan dan baru bisa menciptakan peluang pada menit keempat masa injury time sayang tembakan Sergio Aguero masih melenceng.

Masih pada menit yang sama, Jimenez tiba-tiba mengirimkan umpan terobosan yang berhasil dikejar Traore dan dengan penyelesaian serupa ia kembali menyarangkan bola ke sudut kanan bawah gawang mengulangi adegan yang serupa, yakni gawang Ederson kebobolan.

Wolverhampton sukses memastikan kemenangan 2-0 atas juara bertahan di hadapan pendukungnya sendiri.

Baca juga: Klopp: masih ada 30 pertandingan

Susunan pemain:

Manchester City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker (Olexandr Zinchenko), Nicolas Otamendi, Fernandinho, Joao Cancelo; Ilkay Gundogan, Rodrigo, David Silva (Gabriel Jesus); Raheem Sterling, Sergio Aguero, Riyad Mahrez (Bernardo Silva)
Pelatih: Pep Guardiola

Wolverhampton (3-5-2): Rui Patricio; Willy Boly, Conor Coady, Romain Saiss (Ryan Bennett); Adama Traore, Leander Dendoncker, Ruben Neves, Joao Moutinho, Ruben Vinagre (Jonny Castro); Raul Jimenez, Patrick Cutrone (Matt Doherty)
Pelatih: Nuno Espirito Santo