PIALA AFRIKA- Mesir tundukkan Kongo di Piala Afrika 2019 Salah cetak satu gol

id mohamed salah,timnas mesir,timnas kongo,piala afrika

PIALA AFRIKA- Mesir tundukkan Kongo di Piala Afrika 2019 Salah cetak satu gol

Penyerang tim nasional Mesir Mohamed Salah (nomor punggung 10) berlari ke arah tribun penonton untuk merayakan golnya ke gawang Republik Demokratik Kongo dalam laga kedua penyisihan Grup A Piala Afrika 2019 di Stadion Internasional Kairo, Mesir, Rabu (26/6/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Abdallah Abd El Ghany)

Jakarta (ANTARA) - Mohamed Salah turut mencetak satu gol ketika tim nasional Mesir menundukkan Republik Demokratik Kongo 2-0 sekaligus memastikan Mesir melaju ke babak 16 besar pada laga kedua penyisihan Grup A Piala Afrika 2019 di Stadion Internasional Kairo, Mesir, Kamis pagi WIB.

Gol Salah yang dicetak beberapa menit jelang turun minum melengkapi pembuka keunggulan Mesir yang dicetak sang kapten Ahmed El Mohamady, demikian catatan laman resmi turnamen.

Berkat dua gol itu pula, Mesir sejauh ini membukukan raihan enam poin penuh dan memuncaki klasemen Grup A serta melangkah ke babak 16 besar menyusul Nigeria yang sudah lolos dari Grup B. 

Sedangkan Kongo yang masih nirpoin bertahan sebagai juru kunci klasemen Grup A. Satu-satunya harapan Kongo untuk melaju adalah dengan mengalahkan Zimbabwe (1) di laga pamungkas demi mengambil alih peringkat ketiga serta berharap itu cukup menjadikan mereka satu dari empat posisi ketiga terbaik.

Baca juga: Zimbabwe hanya bisa imbangi Uganda setelah buang banyak peluang

Kongo tampil agresif sejak sepak mula dan namun tiga peluang awal mereka tak membuahkan hasil, termasuk tembakan jarak dekat bek Marcel Tisserand yang berakhir membentur mistar gawang pada menit ke-10.

Mesir perlahan keluar dari tekanan Kongo dan berhasil membuka keunggulan pada menit ke-25 lewat sang kapten, El Mohamady, yang tak membuang percuma kesempatan kedua untuk menyepak bola muntah hasil sundulannya yang sempat dihalau barisan pertahanan Kongo.

Enam menit kemudian, Salah hampir menggandakan keunggulan Mesir namun tembakannya dari luar kotak penalti masih bisa diamankan kiper Ley Matampi.

Kongo kembali berusaha menggempur pertahanan Mesir dan mereka menciptakan peluang lagi pada menit ke-40 saat memperoleh tendangan bebas, namun mistar gawang kembali menguntungkan tuan rumah dan menolak bola sundulan Jonathan Bolingi.

Tiga menit kemudian, Mesir malah menggandakan keunggulan mereka lewat sebuah serangan cepat yang diakhiri tembakan kaki kiri Salah dari tengah kotak penalti.

Tertinggal dua gol membuat Kongo kian agresif pada babak kedua, namun tak satu pun dari 13 peluang yang mereka peroleh berhasil membuat bola bersarang ke dalam gawang Mesir.

Baca juga: Nigeria sudah lolos tapi pelatih bertekad amankan posisi puncak Grup B

Susunan pemain:

Mesir (4-2-3-1): Mohamed El Shenawy; Ahmed El Mohamady, Ahmed Hegazy, Mahmoud Alaa, Ayman Ashraf; Mohamed Elneny, Tarek Hamed; Mohamed Salah, Abdallah Said (Walid Soliman), Trezeguet (Ali Ghazal); Marwan Mohsen (Ahmed Hassan)
Pelatih: Javier Aguirre

Kongo (4-3-3): Ley Matampi; Issama Mpeko, Christian Luyindama, Marcel Tisserand, Ngonda Muzinga; Tresor Mputu (Meschak Elia), Merveille Bokadi (Yannick Bolasie), Wilfred Moke; Jacques Maghoma, Cedric Bakambu, Jonathan Bolingi
Pelatih: Florent Ibenge