Lomba kesrak PKK-Kesehatan diharapkan memotivasi kerja

id Yustin ridho ficardo, ketua PKK Provinsi Lampung

Apriliani Yustin Ridho Ficardo sedang melihat kemeriahan lomba masak ikan Provinsi Lampung. (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

Pesawaran,  Lampung  (Antaranews Lampung) - Lomba Kesatuan Gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (Kesrak PKK) - Kesehatan Tingkat Provinsi Lampung sebagai salah satu wahana yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi kerja dalam mencapai berbagai sasaran program PKK yang telah ditetapkan.

"Kegiatan ini diharapkan akan mampu memotivasi keberhasilan kegiatan-kegiatan PKK dalam menggerakkan keluarga dan masyarakat untuk berperilaku lebih baik maupun berperan-serta dalam menyukseskan program-program pemerintah," kata Ketua PKK Provinsi Lampung, Aprilani Yustin Ficardo, pada acara lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi Lampung 2018, di Pesawaran, Senin.

Ia menyatakan, lomba yang bertemakan "Gerakan Keluarga dan Masyarakat Hidup Sehat menuju Indonesia Sejahtera" merupakan salah satu ajang untuk melakukan mawas diri terhadap pelaksanaan berbagai kegiatan yang telah dilakukan selama 2018.

Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dengan kegiatan bakti sosial TNI-KB-Kesehatan sampai Oktober 2018.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Kesra PKK-KKBPK-Kesehatan yang dilaksanakan secara intensif pada Oktober sampai Desember 2018 yang berkaitan dengan Hari Kesehatan Nasional pada 12 November, hari Kesrak PKK 4 Maret serta Hari Keluarga 29 Juni.

Pelaksanaan Kesrak PKK- KKBPK -Kesehatan 2018, menurut Aprilani, dilakukan penilaian terhadap empat jenis kegiatan, yang meliputi Kegiatan Kesrak PKK-KKBPK Kesehatan, Posyandu, Program Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga, serta lingkungan bersih dan sehat.

Ia menjelaskan, untuk Lomba Kegiatan-kegiatan PKK dilakukan penilaian terhadap? lima jenis yakni pelaksana terbaik, tertib administrasi PKK, pola asuh anak dan remaja, upaya peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) PKK, halaman asri teratur indah dan nyaman (HATINYA) PKK, serta pelaksanaan deteksi dini kanker serviks melalui inspeksi visual asam assetat (IVA) test.

Aprilani mengucapkan selamat kepada kabupaten Pesawaran karena pada Puncak Peringatan HKG PKK Ke-46 dan Jambore Kader PKK 2018 yang lalu mendapatkan penghargaan atas prestasi tingkat nasional yang telah diraih, yaitu Pakarti Madya I tingkat Kabupaten sebagai Pelaksana Terbaik Pemanfaatan Pekarangan.

"Menjadi peringkat lima terbaik dari 34 provinsi bukanlah hal yang mudah, ini merupakan wujud kerjasama pemerintah dan masyarakat, khususnya Kabupaten Pesawaran," ujarnya.

Ia mengharapkan, dalam lomba 2018, Pesawaran berhasil mendapatkan penilaian tertinggi dan menjadi perwakilan Lampung, untuk lomba tingkat nasional 2019 serta meraih prestasi nasional yang lebih baik lagi dari lomba Kesrak PKK-KKBPK- Kesehatan 2018.

Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran, Nanda Indira Dendi, mengemukakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatnya cakupan pelayanan yang adil dan berkualitas dalam Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Keluarga Berencana dan Kesehatan sebagaimana tertuang dalam upaya pencapaian rancangan pembangunan jangka panjang dan jangka menengah.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemitraan PKK-KKBPK-Kesehatan dan organisasi kemasyarakatan, swasta dan dunia usaha, meningkatkan jumlah kelompok Dasawisma, meningkatkan kualitas dan kuantitas Posyandu dan meningkatkan pencapaian pelaksanaan PKK Kesehatan.

Kemudian, memantapkan peran kelembagaan kegiatan PKK, meningkatkan peran serta masyarakat dan seluruh lintas sektor terpadu dalam pelaksanaan Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan yang terpadu.
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar