Lampung Tengah Kibarkan Sejuta Bendera Merah Putih

id Lamteng kibarkan Sejuta Bendera Merah Putih

Lampung Tengah Kibarkan Sejuta Bendera Merah Putih

Lampung Tengah kibarkan Sejuta Bendera Merah Putih (ANTARA LAMPUNG/Agus Setyawan)

Lampung Tengah (Antara Lampung) - Pengibaran sejuta bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT ke-71 Kemerdekaan Indonesia berhasil meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia.
    
"Ini merupakan peristiwa pertama terjadi di Indonesia, di mana dalam satu wilayah dapat dikibarkan sebanyak sejuta bendera dengan ribuan peserta," kata Representatif MURI, Tryono, usai pengibaran sejuta bendera Merah Putih di Lapangan Merdeka Lampung Tengah, Rabu.
    
Menurut dia, kegiatan ini akan dibukukan pada buku MURI edisi keenam sehingga akan terus tercatat adanya peristiwa tersebut.
    
"Kami harap ke depan, akan ada lagi peristiwa-peristiwa unik yang dapat kita catat di museum rekor sehingga bisa memacu kebanggangan bangsa yang majemuk dengan berbagai keindahan dan keunikan yang mendidik," katanya.
    
Sementara itu, Bupati Lampung Tengah Mustofa mengatakan, pengibaran bendera ini sebagai tanda bahwa warga Lampung Tengah dapat bersatu.
    
"Kita masih bisa bersatu, buktinya ribuan warga dari pelajar SD sampai tingkatan masyarakat dapat berkumpul dan mengibarkan bendera hingga membentuk angka 71," kata Mustofa.
    
Bupati itu menambahkan, saat ini rasa nasionalisme masyarakat sudah sangat rendah bahkan bisa kita lihat pengibaran bendera di rumah-rumah sudah semakin berkurang.
    
"Kegiatan ini dilaksanakan juga sebagai upaya memupuk persatuan serta menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk lebih cinta terhadap bangsanya sendiri," kata Bupati Lampung Tengah itu.
    
Lampung Tengah, kata dia, merupakan miniatur Indonesia di mana terdapat berbagai suku dan budaya. 
 
"Potensi ini tentunya harus dilestarikan dengan membangun kebersamaan dan rasa persaudaraan sehingga menjadi kesatuan yang kokoh," kata dia.
    
Mustofa menambahkan, gerakan sejuta bendera secara tidak langsung dimaksudkan untuk mengajak masyarakat lebih menghargai potensi yang ada di wilayahnya sehingga lebih baik lagi.
    
Berdasarkan pantauan, ribuan warga dan pelajar dari tingkat SD hingga SMA bersama-sama mengibarkan bendera sebanyak sejuta unit.