Luar Biasa ! Jokowi Populer di Inggris

id Luar Biasa ! Jokowi Populer Di Inggris

Luar Biasa ! Jokowi Populer di Inggris

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau lebih dikenal dengan Jokowi (tengah) menyalami warga saat sidak di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

London (Antara Lampung) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kembali menjadi berita di koran terkemuka Inggris "The Independent" London terbitan Senin, 27 Januari yang menyebutkan bahwa "Di Jalan menuju kekuasaan, Jakowi sama dengan Wali Kota London Boris Johnson".
    
Dalam laporan yang berjudul "On the road to power ? Meet Joko Widodo, Indonesia¿s very own Boris Johnson," tulis koresponden  The Independent James Ashton dari Jakarta terdapat foto Jakowi sedang bersepeda menuju kantor Gubernur.
    
Seperti halnya Wali Kota London Boris Johnson yang juga selalu bersepeda ke kantornya di pinggir  sungai Thames yang membela kota London, Jakowo juga telah mengeluarkan kebijaksanaan untuk para pegawai DKI Jakarta untuk mengunakan sepeda khususnya pada hari Jumat dalam upaya mengurangi kemacetan Jakarta yang dinilai semakin parah.
    
James Ashton menulis Jakowi adalah gubernur ibukota yang mempersiapkan diri untuk langkah berikutnya menaiki tangga politik. James Ashton yang bertemu dengan banyak orang di Jakarta yang percaya mantan Wali Kota Solo ini  bisa menjadi presiden berikutnya dari Indonesia

Di luar Balai Kota kerumunan orang banyak mulai menipis , tetapi para siswa masih berduyun-duyun sementara para fotografer masih dengan tripodnya, kali kali aja sang gubernur keluar.
    
Pada Jumat pagi udara Jakarta ibukota Indonesia ber hawa panas dan lembab dan kebisingan di pagi hari bagaikan arteri dari pasien serangan jantung tersumbat secara permanen. "Kami baru saja kehilangan orang yang mencoba untuk melakukan sesuatu tentang hal itu," ujar James Ashton yang menyebut Jakowi.
    
Joko Widodo , Gubernur DKI Jakarta sejak 2012 , yang mengayu sepeda ke kantor dari rumahnya berusaha untuk melakukan sesuatu dengan membujuk lebih dari 10 juta penduduk kota dan membengkak menjadi 28 juta jika dihitung pinggiran masyarakat pinggiran untuk tidak mengunakan mobil mereka .
    
Tapi karena dia adalah Joko Widodo , atau Jokowi yang dikenal , perjalanan dengan mengunakan sepeda ke kantor telah menjadi acara tontotan bagi penduduk setempat dan wartawan yang  mengikutinya sampai dia menghilang masuk ke dalam gedung putih.
    
Disebutkannya Jakowi tidak merasa keberatan dengan banyaknya perhatian . Sang penjual furniture yang masuk ke gelanggan politik sembilan tahun yang lalu , mendapatkan reputasi sebagai "man  of the people" setelah melakukan blusukan ke lingkungan termiskin kota dan ke  kantor-kantor pemerintah daerah .
    
Para pendukung mengharap Jakowi  akan menjadi calon presiden Indonesia tahun ini , dan berpendapat ia adalah kesempatan terbaik negara itu untuk menanggulangi masalah endemik korupsi dan kemiskinan .
    
Pemimpin kota yang bersepeda yang dihubungkan dengan  jabatan yang lebih tinggi ? Tidak heran dia sekarang sedang disebut Boris Johnson Asia .
    
Kesamaan antara Jakowi dan Boris adalah sementara Boris mencoba untuk membangun kemuliaan Olimpiade London dengan proyek-proyek konstruksi baru dan masuknya investor internasional dan wisatawan , Jokowi , 52 , bergulat dengan ibukota yang luas yang sudah membesar dengan sendirinya .
    
Dengan bersepeda hanya dalam beberapa jam dari rumahnya,  hujan pun turun lagi . Sebanyak 13 sungai di Jakarta  membengkak . Jalan banjir , menyebabkan kekacauan lalu lintas.
    
Digambarkannya gadis-gadis remaja bergandengan tangan dan berbaris melalui air lumpur coklat dan anak laki-laki berenang dan bermain dengan percikan air , sementara saudara-saudara mereka yang lebih tua mendapatkan beberapa rupiah mengalihkan pengendara dari yang terburuk dari banjir .
    
Setelah 20 tahun  dengan perawatan seadanya , Jokowi memperkirakan akan memakan waktu delapan tahun untuk mengeruk sungai-sungai kota untuk mendapatkan banjir di bawah kontrol .
    
Masalahnya adalah penduduk yang banyak tinggal dipinggiran  sungai . Ada 34.000 keluarga di sepanjang sungai terbesar di Jakarta dan 7.000 lain di salah satu danau terbesar. Relokasi ke perumahan murah harus segera dilaksanakan.
    
"Masalah utama kami sekarang adalah kebutuhan dasar manusia ,  banjir ,  kemacetan lalu lintas dan adanya kesenjangan antara kaya dan si miskin di Jakarta sangat luas,¿ ujar Jokowi sebelum berangkat untuk shalat Jumat.
    
Jakowi adalah pria yang kurus dengan tatapan mata yang dalam senang humor dan suka melucu . Mengenakan kemeja putih dan celana panjang sederhana dengan selendang tradisional merah dengan kotak biru di sekitar lehernya , mungkin banyak orang berpikir ia sedang nakal kalau bukan karena gravitasi pesannya .
    
"Saya beruntung dapat menangkapnya,¿ ujar  James Ashton. Jokowi tidak suka menghabiskan waktu lama di ruang kerjanya Jakowi selalu berada di "pusat krisis " di jalan dan di  sungai .
    
"Satu atau dua jam setiap hari lebih dari cukup . Masalahnya bukan di kantor , masalahnya adalah di luar sana , " katanya . " Setiap hari saya berkunjung ke masyarakat yang ada di jalan dan bertanya apa yang menjadi keinginan mereka dan apa yang mereka butuhkan .
    
Dalam laporannya James Ashton juga menulis tentang pemilihan persiapan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada April mendatang dan juga siapa siapa yang akan mencalonkan diri menjadi presiden yang disebutkannya bahwa Jakowi menyerahkan semuanya kepada Megawati, Ketua Umum PDI yang telah mengusungnya menjadi Gubernur DKI Jakarta.(ZG)