Gunung Fuji Jepang Jadi Warisan Dunia

id Jepang

Gunung Fuji Jepang Jadi Warisan Dunia

Gunung Fuji, Jepang (japan-guide.com)

Tokyo, (Antara/Kyodo-0ANA) - Gunung Fuji di Jepang disarankan didaftarkan sebagai Warisan Dunia oleh badan penasehat UNESCO, kata pemerintah Tokyo pada Selasa.
        
Puncak gunung di Jepang itu, yang dalam gambar selalu diselimuti salju, diperkirakan secara resmi terdaftar pada Juni ketika Panitia Warisan Dunia dari Organisasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB bertemu di Kamboja.
        
Badan penasehat, yang dikenal sebagai Dewan Internasional mengenai Monumen dan Situs, atau ICOMOS, menolak permintaan dari pemerintah Jepang untuk menambahkan kelompok aset budaya di kota kuno Kamakura ke dalam daftar Warisan Dunia, merujuk pada aset langka langsung terkait dengan kekuasaan Keshogunan abad pertengahan, menurut para pejabat Jepang.
        
Gunung Fuji adalah gunung tertinggi di Jepang, terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelah barat Tokyo.  
   
Gunung itu terletak dekat pesisir Pasifik di pusat Pulau Honshu. Fuji dikelilingi oleh tiga kota yaitu Gotemba (timur), Fuji-Yoshida (utara) dan Fujinomiya (barat daya). Gunung setinggi 3.776 m ini dikelilingi juga oleh lima danau yaitu Kawaguchi, Yamanaka, Sai, Motosu dan Shoji.
        
Gunung Fuji adalah simbol Jepang yang terkenal dan sering digambarkan dalam karya seni dan foto-foto, serta dikunjungi pendaki gunung maupun wisatawan dalam dan luar negeri.
        
Gunung itu diperkirakan terbentuk sekitar 10.000 tahun lalu.
        
Sekitar 200.000 orang mendaki Gunung Fuji setiap tahunnya, 30 persen di antaranya orang asing.



Penerjemah : A Krisna
Redaktur      : B Soekapdjo/Hisar Sitanggang