Lampung Kirim 150 Peserta TOT Posdaya

id Lampung Kirim 150 Peserta TOT Posdaya , BKKBN, Haryono Suyono, LKKS, Miskin, keluarga, Kontrasepsi

 Lampung Kirim 150 Peserta TOT Posdaya

Anggota DPD RI, Aryodia Febriansyah SZP (depan tengah), dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Lampung, Bambang Haryono (depan kanan), saat Bhakti Sosial bersama Pengurus LKKS Lampung di Lapas Wanita Bandarlampung. (FOTO ANTARA/M.Tohamak

Ke-150 orang peserta itu merupakan utusan dari 14 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung masing-masing 10 orang, dan 10 orang lainnya dari dinas/instansi/badan di tingkat Provinsi Lampung."
Bandarlampung (Antara) - Pemerintah Provinsi Lampung melalui instansi terkaitnya akan mengirimkan sekitar 150 orang untuk mengikuti pelatihan pelatih (TOT) Posdaya di Jakarta.

"Pelatihan TOT Posdaya selama beberapa hari itu akan berlangsung di Jakarta sekitar pertengahan bulan Mei 2013," kata Ketua Umum Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi Lampung, Ny. Truly Sjachroedin Z.P., melalui Ketua Harinnya, Ny. Sri Hastuti, di Bandarlampung, Minggu.

Ke-150 orang peserta itu merupakan utusan dari 14 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung masing-masing 10 orang, dan 10 orang lainnya dari dinas/instansi/badan di tingkat Provinsi Lampung.

Mereka yang akan mengikuti TOT Posdaya itu akan dipilih mewakili sejumlah instansi terkait yang ada kaitannya dengan upaya dan kegiatan pemberdayaan masyarakat di perdesaan, seperti dari Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, BKKBN, LKKS, bahkan juga akan diupayakan ada wakil dari unsur perguruan tinggi.

Posdaya merupakan salah satu wadah yang dapat dimanfaatkan bersama oleh kalangan masyarakat untuk membangun dan mengembangkan kewirausahaan di daerahnya.

Hal itu dinilai sangat penting, kata dia, karena pengembangan kewirausahaan merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perdesaan.

Diharapkan para peserta TOT itu nantinya bisa langsung menerapkan ilmunya untuk pemberdayaan masyarakat di lapangan, mengingat banyak potensi wilayah yang dapat diolah masyarakat menjadi kegiatan produktif dan menghasilkan, yang pada akhirnya bisa menambah pendapatan keluarga.

Nyonya Truly Sjachroedin yang juga istri Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. itu juga mengharapkan agar setelah mengikuti pelatihan atau TOT, para petugas yang dikirim tadi tidak berhenti sebatas mengikuti pelatihan, tetapi diharapkan benar-benar bisa langsung mengaplikasikannya ke lapangan agar bisa mecapai sasaran seperti yang diharapkan.

Pihak LKKS Lampung juga menyambut baik adanya program TOT tersebut, yang juga merupakan prakarsa dari Kantor BKKBN Pusat, diharapkan secara bertahap ikut membantu mengatasi masalah keluarga miskin di perdesaan Lampung.

Sebelumnya, pengurus LKKS Provinsi Lampung 2013--2018 yang baru dikukuhkan oleh Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. pada tanggal 2 April 2013, juga telah ikut melakukan kegiatan bakti sosial, di samping kegiatan internal organisasi lainnya.

Kegiatan itu antara lain memberikan bantuan berupa sejumlah hadiah kepada para juara lomba bagi para penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wanita Kelas II-A Bandarlampung di Wayhui, Kabupaten Lampung Selatan, dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kartini Tahun 2013.

Acara yang dilaksanakan pada hari Rabu (24/4) itu juga dihadiri oleh anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI perwakilan Lampung, Aryodia Febriansyah S.Z.P., yang juga Ketua Umum Karang Taruna Indonesia (KTI) Provinsi Lampungn serta Ketua Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPPP) Daerah Lampung.