RIS PNPM Di Pesawaran Sudah 35 Persen

id ris, pnpmm pesawaran

Pembangunan sumur bor dan pengadaan paving blok di Desa Negeri Sakti senilai Rp250 juta dengan rincian Rp245 juta untuk pelaksanaan dan sisanya untuk biaya operasional,"
Pesawaran (ANTARA LAMPUNG) - Pengerjaan progran peningkatan infrastruktur melalui Rural Infrastructure Support to Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (RIS-PNPM) tahun 2011 di Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung sudah berjalan 35 persen.

"Pengerjaan pembangunan di masyarakat melalui anggaran senilai Rp250 juta itu sepenuhnya akan dipergunakan untuk kepentingan bersama," ujar Ketua Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) Desa Negeri Sakti, Indra Kusuma, di Pesawaran, Senin.

Menurutnya, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan laporan pertanggungjawaban pengerjaan tahap pertama pembangunan di daerah itu.

"Program peningkatan pembangunan di daerah ini dilakukan dengan membuat empat sumur bor guna mengairi lahan persawahan yang pada musim kemarau selalu kekeringan," ujar dia.

Untuk pengerjaan sumur bor, ia menerangkan, sudah berjalan hingga 30-35 persen dan untuk penyelesaian keseluruhan program yakni pada  akhir tahun 2011.

Ia berharap, pelaksanaan tidak ada kendala di lapangan hingga selesai akhir tahun.

Selain pengerjaan sumur bor, pada program RIS PNPM itu pihaknya juga melakukan pembuatan jalan dengan paving blok sepanjang 3.250 meter.

"Pembangunan sumur bor dan pengadaan paving blok di Desa Negeri Sakti senilai Rp250 juta dengan rincian Rp245 juta untuk pelaksanaan dan sisanya untuk biaya operasional," terang dia.

Menurutnya, pelaksanaan pengerjaan program RIS PNPM tersebut sudah disosialisasikan ke masyarakat dan pengerjaannya langsung didampingi oleh pihak-pihak terkait seperti Pihak PU, Konsultan dari pusat Jakarta, dan Tim ahli gabungan Kabupaten.

"Jadi program RIS PNPM ini dapat terawasi terus setiap saat sehingga dalam pengerjaannya dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala," imbuhnya.(Ant)