Itera meluncurkan program mengabdi untuk negeri dan satu data

id Lampung ,Itera,Satu dekade itera

Itera meluncurkan program mengabdi untuk negeri dan satu data

Rektor Itera Prof I Nyoman Pugeg Aryantha, (tengah) saat dimintai keterangan usai kegiatan 1 Dekade Itera. Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Selasa (8/10/2024). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Anak-anak harus kita fondasikan dengan sains. Karena itu adalah fondasi yang penting untuk membangun bangsa kita, kata dia

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) meluncurkan Program Mengabdi Untuk Negeri dan Satu Data Itera pada momentum satu dekade (10 tahun) kampus tersebut.

"Dalam momentum ini kami memandang dua hal yang perlu diantisipasi ke depan yakni meningkatkan minat belajar siswa menengah pertama dan merangkum seluruh kegiatan Itera dalam satu data," kata Rektor Itera Prof I Nyoman Pugeg Aryantha, di Lampung Selatan, Selasa.

Ia mengatakan guna meningkatkan minat belajar siswa menengah pihaknya meluncurkan Program Itera Mengabdi yang memaksimalkan teknologi.

"Pada program ini kami memaksimalkan pembelajaran melalui daring dari jarak jauh yang dikelola oleh fakultas sains bersama unit pendukung teknologi, informasi, dan komunikasi," kata Rektor Itera.

Prof I Nyoman Pugeg menyampaikan Program Itera Mengabdi ini berisi model pembelajaran yang cukup menarik sehingga menggugah minat anak untuk belajar sains.

"Anak-anak harus kita fondasikan dengan sains. Karena itu adalah fondasi yang penting untuk membangun bangsa kita," kata dia.

Kemudian, lanjut dia, yang tak kalah penting adalah Itera sedang mengembangkan inovasi-inovasi komunikasi dalam bentuk penyajian data yang mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Sehingga pada momentum 10 tahun ini kami juga meluncurkan Satu Data Itera, yang diharapkan semua terangkum di sana mulai dari perjalanan Itera, semua dapat diakses di aplikasi yang kami launching," kata dia.

Pada sisi lain Prof I Nyoman Pugeg juga berkomitmen Itera menjadi kampus berkelanjutan.

"Dalam konsep berkelanjutan kami telah menerbitkan sebuah buku teks berdasarkan apa yang kami praktekkan dalam tata kelola kampus ramah lingkungan," kata dia.

Menurutnya, untuk menjembatani visi berkelanjutan Itera sebagai smart, friendly, and forest campus, sangat penting untuk tidak hanya mengedepankan pengelolaan lingkungan yang sustainable, tetapi juga membangun sistem yang mampu mendukung keberlanjutan dan kemandirian finansial.

"Pendekatan ini dilakukan dengan mengintegrasikan riset, inovasi, dan kegiatan akademik ke dalam pengembangan bisnis dan ekonomi kampus. Oleh karena itu sejak 2024 Itera mendirikan Pusat Implementasi Inovasi (PII) yang berperan sebagai jembatan antara pengembangan ilmu pengetahuan di kampus dan kebutuhan industri serta masyarakat luas," kata dia.