KPU Lampung Selatan libatkan 28 orang guna selesaikan perakitan kotak suara

id Lampung Selatan ,Kotak surat suara ,Logistik pilkada

KPU Lampung Selatan libatkan 28 orang guna selesaikan perakitan kotak suara

Ketua KPU Lampung Selatan Ansurasta Razak bersama pihak Bawaslu dan Polres saat mengunjungi lokasi perakitan kotak surat suara di gudang KPU. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Lampung Selatan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Selatan, melibatkan sebanyak 28 orang untuk menyelesaikan proses perakitan kotak suara Pilkada serentak 2024.

"Untuk proses perakitan dan penyortiran kotak suara ini, kami melibatkan 28 orang. Kami targetkan proses ini selesai dalam waktu tiga hari," kata Ketua KPU Lampung Selatan Ansurasta Razak, di Kalianda Kamis.

Ia mengatakan, pelaksanaan perakitan dan penyortiran kotak suara Pilkada 2024 tersebut dilakukan di gudang KPU yang berada di komplek Perumahan Serambi Sumatera, Kelurahan Wayurang, Kecamatan Kalianda.

 

Menurutnya, jumlah kotak suara yang dirakit dan disortir sebanyak 3.220.

Dirinya menambahkan, proses perakitan kotak suara itu dibarengi dengan proses penyortiran. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi kotak suara yang tidak layak seperti kondisi kotak yang berlubang, robek atau cetakan tulisan pada kotak tidak sesuai.

"Kita mewajibkan juga, bagi pihak yang terlibat dalam proses perakitan dan penyortir kotak surat untuk tidak merokok di dalam gudang KPU serta tidak membawa benda-benda berbahaya di dalam ruang perakitan," kata dia.

Oleh karena itu, ia berharap proses pilkada di Lampung Selatan dapat berjalan lancar, sukses, aman, damai dan kondusif.

Dia mengajak, masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam proses tahapan pilkada.

"Kepada para calon dan tim pendukung, kami mengajak agar melaksanakan tahapan proses pilkada ini sesuai dengan regulasi, sehingga apa yang kita cita-citakan bersama dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

Dalam pengamanan perakitan itu, pihak Polres Lampung Selatan juga menyiagakan 30 personel untuk mengamankan proses perakitan dan penyortiran kotak suara tersebut.

"Itu, untuk menjamin agar kegiatan itu dapat berjalan dengan baik. Selain itu, kami (Polres Lampung Selatan) menempatkan sejumlah petugas yang berjaga dan mengamankan gudang penyimpanan KPU," ujar dia.

Proses perakitan kotak suara tersebut langsung awasi oleh Ketua KPU Lampung Selatan Ansurasta Razak. Selain itu, diikuti juga oleh Kabag Ops Polres Lampung Selatan Kompol Tangguh Satya Buana dan pihak dari Bawaslu Lampung Selatan.