Warakawuri Polri terharu terima kunci rumah layak huni dari Kapolresta Bandarlampung

id HUT Bhayangkara, Polresta Bandar lampung, Bedah rumah, lampung

Warakawuri Polri terharu terima kunci rumah layak huni dari Kapolresta Bandarlampung

Kombes Pol Abdul Waras (kiri) bersama Ketua Bhayangkari Cabang Kota Bandarlampung Neeva Abdul Waras (kanan) menyerahkan kunci rumah layak huni kepada Rusliya (tengah). (ANTARA/HO)

Bandar Lampung (ANTARA) -
 
Rusliya (72) tak bisa menahan haru dan rasa bahagianya saat menerima kunci rumah layak huni dari Kapolresta Bandarlampung Kombes Pol Abdul Waras bersama Ketua Bhayangkari Cabang Kota Bandarlampung Ny. Neeva Abdul Waras.

Rusliya merupakan warakawuri atau istri Purnawirawan Polri yang suami sudah meninggal dunia. Suaminya, yaitu Alm Aiptu (Purn) Bungaran Ritonga, terakhir bertugas sebagai anggota Polsek Teluk Betung Selatan, dan purna bakti di tahun 1991.
 
Pada 2008, Aiptu (Purn) Bungaran Ritonga meninggal dunia, dengan meninggalkan seorang istri, Rusliya  dan satu orang anak. 
 
Selama ini, Rusliya bersama anak dan menantunya, menempati rumah sederhana, beratapkan seng, berlantaikan semen kasar, yang berdiri di atas lahan seluas 7 x 12 meter persegi, yang terletak di Kampung Jaya RT 3, Kelurahan Karang Maritim, Panjang, Bandarlampung.
 
Penyerahan kunci rumah oleh Kapolresta Bandarlampung kepada Warakawuri ini ditandai dengan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat sekitar dilanjutkan dengan pemotongan pita yang disaksikan oleh sejumlah unsur Uspika Panjang dan masyarakat sekitar. 
 
Kapolresta Bandarlampung Kombes Pol Abdul Waras mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara Ke 78. 
 
"Ini bentuk kepedulian kami, terhadap masyarakat, dan kebetulan juga Ibu Rusliya ini merupakan seorang Warakawuri Polri, dimana sebelumnya saat ketika kami survei, kondisi rumahnya sangat memperihatinkan, sehingga kita pilih rumah beliau untuk di renovasi,” ujarnya, Selasa (25/6/2024).
 
Dari data yang dihimpun, sejumlah perbaikan dilakukan seperti penggantian atap rumah, pemasangan keramik bagian dalam sampai teras rumah, penggantian pintu kamar mandi, pemasangan plafon, perbaikan tembok rumah dan pengecatan. 
 
Tak hanya itu, Polresta Bandarlampung juga memberikan tempat tidur dan lemari pakaian kepada  Rusliya. 
 
Bedah rumah sendiri dimulai pada Sabtu (15/6/2024), dimana sejumlah personel Polresta Bandarlampung bersama warga bahu membahu mengeluarkan barang barang dan dilanjutkan dengan proses renovasi. 
 
Rusliya dan keluarga, berterima kasih atas kepedulian Kapolresta Bandar Lampung dan jajaran, memperbaiki rumah tinggalnya menjadi rumah yang lebih layak huni. 
 
Rusliya sendiri tidak menyangka kalau rumahnya akan di renovasi, ia sendiri sudah lama ingin memperbaiki rumahnya namun terkendala biaya. 
 
“Kami ucapkan terima kasih banyak, atas bantuan renovasi rumah yang diberikan bapak Kapolresta Bandar Lampung, saya tidak bisa berkata kata lagi,” ujarnya.
 
Kapolresta Bandarlampung juga ingin agar tali silaturahmi Polresta Bandarlampung dengan para purnawirawan dan warakawuri Polresta Bandarlampung terus terjalin.