Lampung sebut pengerjaan jalan wisata selesai H-7 Lebaran

id Perbaikan jalan lampung, jalan wisata lampung, jelang mudik

Lampung sebut pengerjaan jalan wisata selesai H-7 Lebaran

Ilustrasi- Pengerjaan perbaikan jalan di salah satu jalan protokol di Lampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menyebutkan pengerjaan jalan wisata di daerah itu selesai pada tujuh hari sebelum Lebaran atau H-7.

"Menjelang Lebaran 2024 ini untuk menjaga kenyamanan masyarakat telah dilakukan perbaikan jalan, tetapi kami fokus pada perbaikan jalan menuju berbagai destinasi wisata," ujar Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Lampung M Taufiqullah di Bandarlampung, Kamis.

Ia menjelaskan perbaikan jalan pariwisata tersebut dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat yang berwisata di periode libur Lebaran 2024.

"Kami memperbaiki jalan pariwisata sejak saat ini, dan ditargetkan tujuh hari sebelum Lebaran nanti sudah selesai. Jadi saat masyarakat mau berwisata sudah nyaman melewati jalan-jalan ini," katanya.

Dia melanjutkan perbaikan jalan pariwisata itu dilaksanakan dengan bantuan dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) yang ada di daerah.

"Dalam menyiapkan jalan-jalan wisata ini perbaikannya dibantu oleh UPTD. Untuk jalan wisata yang diperbaiki utamanya seperti di Lempasing-Padang Cermin dan jalan di daerah pesisir yang paling banyak, jalan ini nanti diperkirakan pada libur digunakan menuju tempat wisata," ucap dia.

Ia mengatakan perbaikan yang dilakukan merupakan menutup lubang jalan yang pengerjaannya dilakukan selama Ramadhan.

"Jalan yang akan diperbaiki banyak terutama daerah yang menjadi jalur transportasi masyarakat seperti dari Kota Bandarlampung menuju Kota Metro, kemudian simpang Korpri-Kota Metro pun diperbaiki," tambahnya.

Menurut dia, untuk perbaikan jalan nasional dan jalan yang menjadi perlintasan antar daerah dilaksanakan oleh instansi terkait.

"Jadi untuk persiapan Lebaran ini kami bekerjasama dengan berbagai pihak seperti pengelola jalan tol serta instansi terkait. Harapannya semua dapat berjalan dengan lancar terutama bagi pemudik serta wisatawan yang hendak berlibur di libur Lebaran," ujar dia.

Diketahui beberapa jalan wisata yang diperbaiki di Provinsi Lampung meliputi ruas Jalan R.E Martadinata-Padang Cermin, ruas Lempasing-Padang Cermin-Kedondong, ruas Kedondong-Padasuka, ruas Pringsewu-Padasuka.

Kemudian ruas jalan Pringsewu-Kalirejo, ruas Gedong Tataan-Kedondong, ruas jalan Simpang Teluk Kiluan-Simpang Umbar, Simpang Umbar-Putih Doh, Putih Doh-Kuripan.