Polres Lampung Timur gelar simulasi pengamanan Pemilu 2024

id Simulasi pengamanan Pemilu 2024, Polres Lampung Timur, Pemilu 2024

Polres Lampung Timur gelar simulasi pengamanan Pemilu 2024

Kepolisian Resor (Polres) Lampung Timur mengadakan simulasi pengamanan pemungutan dan penghitungan suara dalam menyambut Pemilu 2024, di lapangan Merdeka  Desa Labuhan Maringgai Kecamatan Labuhan Maringgai, pada Sabtu pagi, 27 Januari 2024. FOTO ANTARA/MUKLASIN.

Dalam mengamankan Pemilu 2024, pada 14 Februari, Polres Lampung Timur mengerahkan 840 personil, yang akan mengamankan 3.178 TPS di wilayah Lampung Timur
Lampung Timur (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Lampung Timur mengadakan simulasi pengamanan pemungutan dan penghitungan suara dalam menyambut Pemilu 2024, 14 Februari mendatang.

Simulasi diikuti ratusan personil polisi dari delapan kepolisian sektor di wilayah hukum Polres Lampung Timur.

Kegiatan simulasi berlangsung di Lapangan Merdeka  Desa Labuhan Maringgai Kecamatan Labuhan Maringgai, pada Sabtu pagi, 27 Januari 2024.

Simulasi diawali dengan demonstrasi sejumlah personil kepolisian melakukan  pengawalan pengiriman logistik Pemilu dari gudang logistik KPU Lampung Timur menuju gudang logistik PPK Labuhan Maringgai.

Setelah itu, pengawalan logistik dari gudang logistik PPK menuju PPS Labuhan Maringgai, serta  pengawalan pengiriman logistik dari PPS Labuhan Maringgai ke lokasi Tempat Pemungutan Suara atau TPS.

Setiba di TPS,  Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengilustrasikan  proses  pemungutan dan penghitungan suara. 

Setelah itu, dilakukan pengawalan pengiriman hasil penghitungan suara dari KPPS ke PPS, PPS ke PPK. Setelah rekapitulasi di tingkat kecamatan, pengawalan pengiriman hasil rekapitulasi PPK ke KPUD Lampung Timur.

"Kegiatan ini sebagai gambaran kepada personil yang melaksanakan pengamanan TPS untuk cara bertindak dan cara pengamanan pengawalan logistik pemilu 2024 dari KPU Lampung Timur ke PPK dan ke PPS, kemudian ke TPS.," kata Kapolres Lampung Timur AKBP M Rizal Muchtar melalui Kabagops Polres Lampung Timur Kompol Talen Hapis di lokasi kegiatan.

Pengamanan dilakukan saat pemungutan dan penghitungan suara, pengamanan dan pengawalan hasil pemilu dari TPS ke PPS, PPS ke PPK, dari PPK ke KPUD  Lampung Timur," ujarnya.

Kompol Talen Hapis mengatakan kegiatan tersebut sebagai upaya mempersiapkan diri personil untuk menciptakan Pemilu 2024 yang damai,  aman dan sejuk. 

Dia menyebutkan dalam mengamankan Pemilu 2024, pada 14 Februari, Polres Lampung Timur mengerahkan 840 personil, yang akan mengamankan 3.178 TPS di wilayah Lampung Timur.