Polling Institute: sebut Gibran cawapres tampil paling baik di debat

id Gibran Rakabuming Raka,elektabilitas,Polling Institute

Polling Institute: sebut Gibran cawapres tampil paling baik di debat

Tangkapan layar peneliti Polling Institute Kennedy Muslim memaparkan hasil survei terkait dengan calon wakil presiden yang dipersepsikan publik paling unggul saat debat. Survei disiarkan secara daring sebagaimana dipantau dari Jakarta, Rabu (3/1/2024). ANTARA/Fath Putra Mulya

Jakarta (ANTARA) - Lembaga survei Polling Institute merilis temuan terbaru bahwa Gibran Rakabuming Raka dipersepsikan responden sebagai calon wakil presiden (cawapres) yang tampil paling baik saat debat cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (22 Desember 2023).

Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim saat memaparkan hasil survei yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa Gibran unggul cukup telak dengan angka 54,6 persen.

"Dari mereka yang menyaksikan debat tersebut, kami tanyakan kembali, cawapres mana yang tampil paling baik dalam acara debat tersebut, ini kami temukan Mas Gibran unggul ketimbang dua cawapres lainnya," kata Kennedy.

Gibran disusul oleh Mahfud Md. dengan 25,3 persen dan Muhaimin Iskandar dengan 16 persen. Sementara itu, responden yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 4,2 persen.

Saat ditanyakan perihal cawapres yang paling bagus program kerjanya, mayoritas responden kembali memilih nama Gibran.

"Ini juga Mas Gibran lagi-lagi unggul di sini, sekitar 50 persen (49,7 persen, red.)," imbuh Kennedy.

Mahfud menyusul di posisi kedua dengan 20,3 persen dan Muhaimin di posisi ketiga dengan 18,2 persen. Responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab ada sebesar 11,9 persen.

Pada survei tersebut ditanyakan pula cawapres mana yang paling bagus dalam menjawab pertanyaan atau dalam menyampaikan pendapat, Gibran lagi-lagi dipersepsikan publik unggul dengan angka 50,1 persen.