110 pelajar SD ikuti program seleksi Pocil di Pesisir Barat

id Pesisir Barat,Polisi cilik ,Polres Pesisir Barat

110 pelajar SD ikuti program seleksi Pocil di Pesisir Barat

Suasana saat polres Pesisir barat melaksanakan seleksi Polisi cilik. (ANTARA/HO-Humas Polres Pesisir Barat)

Pesisir Barat (ANTARA) - Sebanyak 110 siswa-siswi pelajar dari enam sekolah dasar (SD) di Kabupaten Pesisir Barat mengikuti seleksi Polisi Cilik (Pocil) untuk menanamkan rasa disiplin dan taat akan aturan.

Kapolres Pesisir Barat AKBP Alsyahendra, saat dihubungi dari Lampung Selatan Kamis, mengatakan kegiatan seleksi Pocil ini di ikuti oleh 110 siswa-siswa yang terdiri dari 6 sekolah dasar dan seleksi ada beberapa tahapan yaitu tes peraturan baris berbaris, parade dan kesehatan.

"Seluruh item sudah  dilaksanakan, untuk dewan juri terdiri dari purna Paskibra Pesisir Barat dan Dinas Kesehatan Pesisir Barat,  hasil seleksi akan di umumkan pada awal bulan Oktober 2023," kata Kapolres.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengedukasi para pelajar sekolah dasar mengenai tata tertib berlalu lintas sehingga kamseltibcarlantas di usia dini dapat terwujud.

Peserta polisi cilik bukan hanya dididik pintar baris-berbaris saja, melainkan bertujuan membentuk karakter anak-anak sejak dini agar berdisiplin, berbudi pekerti yang baik, cerdas, kuat, dan pembinaan kesadaran hukum, serta menanamkan mental kedisiplinan kepribadian sejak dini.

"Inisiasi pembentukan perdana Pocil satuan lantas Polres Pesisir Barat yang dimulai dengan kegiatan seleksi untuk menghasilkan bibit bibit Pocil sebagai duta lalu lintas dan juga membentuk karakter disiplin, bertanggung jawab pada anak usia dini dalam mewujudkan kecintaan pada aturan dan tertib berlalu lintas serta harapan saya ini bisa menjadi motivasi dan tauladan bagi masyarakat khususnya masyarakat," kata dia.

Untuk diketahui, Satuan Lalu Lintas Polres Pesisir Barat dalam rangka meningkatkan kamseltibcar lantas di usia dini melalui tema Police Goes to School melaksanakan seleksi polisi cilik di gedung GSG Labuhan Jukung Pekon (Desa) kampung Jawa, Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat pada  Rabu (27/9/2023).