Hadapi El Nino, Diskes Metro imbau masyarakat konsumsi makanan bergizi

id Elnino

Hadapi El Nino, Diskes Metro imbau masyarakat konsumsi makanan bergizi

Kadiskes Metro, Eko Hendro S. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Metro mengimbau masyarakat setempat untuk tetap menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) menghadapi cuaca ekstrem El Nino.

"El Nino inikan cukup berdampak juga ya ke kesehatan. Karena itu kita imbau masyarakat untuk tetap menjaga lingkungannya tetap sehat dan menerapkan PHBS," kata Kadiskes Metro, Eko Hendro S di Metro, Rabu.

Dikatakannya, selain PHBS, masyarakat juga harus tetap memperhatikan keseimbangan antara aktivitas di luar rumah dan istirahat yang cukup, kemudian juga mengonsumsi makanan yang bergizi.

"Orang-orang yang sakit itu sering kali tidak memperhatikan antara aktivitas di luar dan istirahatnya. Mengonsumsi makanan yang bergizi itu juga penting," katanya lagi.

Eko menjelaskan, untuk saat ini belum ada peningkatan penyakit yang disebabkan adanya El Nino ini seperti infeksi saluran pernapasan (ISPA) maupun penyakit lain.

"Iya penyakit-penyakit seperti ISPA dan lainya tidak ada peningkatan di Metro ini, jadi masih aman," jelasnya.

Kadiskes juga menganjurkan masyarakat  memakai masker agar tidak menghirup debu saat di luar rumah.

"Silahkan kalau mau pakai masker, karena sekarang kan banyak debu ya. Tapi kalau tidak pakai ya tidak apa-apa. Karena tidak ada himbauan khusus untuk memakai masker," tutupnya.