Menikmati cita rasa khas durian unggul Klamunot Tembaga Super

id Ulis,Durian klamunot,Durian varietas unggul

Menikmati cita rasa khas durian unggul Klamunot Tembaga Super

Bupati Bangka Barat Sukirman (kiri) bersama Direktur Pembenihan Hortikultura Dirjen Hortikultura Inti Pratiwi Nashawari mengunjungi kebun durian milik Haji Ulis di Mentok. (ANTARA/HO-Diskominfo Bangka Barat)

Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Direktorat Jenderal Hortikultura meluncurkan varietas durian unggul Klamunot Tembaga Super yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"Kemarin kita sudah menerima surat keputusan pelepasan varietas durian Klamunot Tembaga Super dari Dirjen Hortikultura, ini akan semakin menguatkan pondasi pemerintah daerah dalam meningkatkan produksi dan produktivitas hortikultura dan perkebunan," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Minggu.

Durian Klamunot Tembaga Super yang memiliki sejumlah keunikan dan cita rasa yang khas dan layak menjadi satu varietas unggul durian di Indonesia.

Menurut dia, Bangka Barat memiliki potensi luar biasa dari sektor pengembangan hortikultura dan selama ini pemerintah selalu mendukung dan memfasilitasi upaya yang dilakukan masyarakat agar bisa semakin berkembang.

"Salah satu pelaku usaha yang sukses menggeluti bidang perkebunan, Haji Ulis, ini bisa menjadi contoh dan perlu mendapatkan dukungan," katanya.

Dalam kunjungannya ke Bangka Barat, Direktur Pembenihan Hortikultura Dirjen Hortikultura Inti Pratiwi Nashawari meyakini kebun durian milik Haji Ulis akan semakin berkembang dengan potensi yang dimiliki.

"Dengan dukungan teknik budidaya yang tepat, kami yakin petani dapat mengembangkan jumlah varietas durian dan produktivitas panen," katanya.

Ia menilai kebun durian yang ada di Kecamatan mentok tersebut memiliki potensi besar di masa depan jika dikembangkan dengan baik.

"Potensi budidaya hortikultura ini memiliki masa depan yang baik dan ini bisa menjadi contoh dalam menguatkan pondasi pemerintah daerah untuk meningkatkan produksi dan produktivitas hortikultura dan perkebunan," katanya.

Perkebunan pembibitan durian milik Haji Ulis hingga saat ini telah berhasil mengembangkan budidaya durian, bahkan telah mampu memiliki lebih dari 40 varietas durian.