Pemkab Lampung Selatan distribusikan 20 sapi PO betina kepada kelompok tani

id Bantuan sapi,Lampung Selatan ,Lampung

Pemkab Lampung Selatan distribusikan 20 sapi PO betina kepada kelompok tani

Kantor Dinas Peternakan Kabupaten Lampung Selatan (ANTARA/Riadi Gunawan)

Lampung Selatan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan telah mendistribusikan 20 ekor sapi peranakan ongole (PO) betina kepada dua kelompok peternak di Lampung Selatan. 

Kepala Bidang Pembibitan dan Produksi Dinas Peternakan Lampung Selatan Muchsin Khamidi mengatakan, ada dua kelompok peternak yang menerima bantuan sapi PO, di Lampung Selatan pada Desember 2022.

Persyaratan yakni dari segi kelayakan kelompok. Sebelum proses penetapan terdapat pengecekan persiapan calon penerima. Kalau sekarang persyaratan kandang harus koloni atau dipelihara dalam satu kandang, dan yang mendapat bantuan sapi pada 2022 yakni kelompok Merapi Dua di Jati Agung dan Setia Karya di Ketapang." kata Muchsin saat dikonfirmasi, Selasa (08/03/2023).


Dia mengatakan, penerima bantuan sapi PO dari pemerintah pusat adalah kelompok peternak yang sudah memenuhi syarat dan ketentuan.

"Kelompok peternak yang menerima bantuan itu bermacam-macam, seperti ada yang dari usulan Pokir atau pokok pikiran), dari Musrenbang, dan juga ada usulan yang lain-lain, sesuai usulan yang ada dan sesuai usulan yang masuk sesuai lokasi," kata dia.

Menurut dia, meski bersifat bantuan, tetapi para kelompok peternak penerima bantuan sapi PO memiliki kewajiban untuk membuat laporan setiap bulan.

"Peternak wajib membuat laporan bulanan terkait apa yang terjadi dengan ternak kelompok," ujar dia. 

Dia menyebutkan, pihak dinas juga selalu melakukan pembinaan secara rutin terhadap kelompok peternak penerima bantuan sapi PO betina tersebut.

"Kalau pembinaan rutin, pasti kawan-kawan di UPT yang akan rutin ke lapangan, kalau Provinsi itu setiap tiga bulan mereka minta laporan kita," ujarnya.

Dia menyatakan semua sapi bantuan yang telah didistribusikan pada akhir tahun lalu masih dalam kondisi sehat.

"Karena baru akhir tahun kemarin pendistribusian sapi ternak tersebut dan belum ada laporan perkembangan," kata Muchsin.

Sebelumnya pemerintah Provinsi Lampung menganggarkan Rp2,3 miliar pada APBD tahun 2022 untuk pengadaan ternak sapi Peranakan Ongole (PO) betina yang telah didistribusikan ke sembilan Kabupaten di Lampung.

Sembilan Kabupaten penerima pengadaan sapi PO betina tersebut diantaranya Lampung Selatan, Lampung Tengah, Mesuji, Lampung Timur, Tulang Bawang Barat, Way Kanan, Tulang Bawang, Pesawaran dan Lampung Utara.