HUT RI dirayakan warga kampung nelayan Bandarlampung dengan suka cita

id HUT RI,Kemerdekaan RI, lomba RI, sukacita masyarakat

HUT RI dirayakan warga kampung nelayan Bandarlampung dengan suka cita

Seorang anak dari kampung nelayan Gudang Lelang di Kota Bandarlampung tengah bersukacita merayakan HUT ke-77 RI. Bandarlampung, Rabu (17/8/2022). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Sejumlah warga yang bermukim di kampung nelayan Gudang Lelang Kota Bandarlampung bersukacita merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia melalui beragam perlombaan.

"Kampung ini memang mayoritas berprofesi sebagai nelayan jadi hari ini kita coba memaknai kemerdekaan dengan beragam acara," ujar Ketua Panitia HUT ke-77 RI Kelurahan Gudang Lelang Sumarto, di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan memeriahkan HUT ke-77 RI di kampung nelayan tersebut menjadi kegiatan yang pertama kali dilakukan semenjak pandemi COVID-19 berlangsung.

"Ini pertama kali setelah dua tahun mengadakan acara disini dan antusiasnya sangat ramai sekali ikut serta dalam kegiatan," katanya.

Menurut dia di kampung nelayan yang juga telah di tetapkan sebagai Kampung Pancasila itu telah berlangsung pula upacara bendera yang digagas oleh warga setempat untuk mengedukasi nelayan dan anak muda untuk terus memiliki sikap nasionalisme.

"Tadi sudah upacara bendera yang dilakukan di lahan dekat pelelangan ikan, lalu beberapa hari kemarin sudah membuat mural pahlawan jadi semua bergotong royong menyiapkan ini. Harapannya anak muda bisa memahami perjuangan pejuang melalui kegiatan ini," ucapnya.