Satu Abad NU diharap jadi momentum NU masuki era kebangkitan baru

id Satu Abad NU,Nahdlatul Ulama,PBNU,Gus Yahya

Satu Abad NU diharap jadi momentum NU masuki era kebangkitan baru

Suasana konferensi pers "Kick Off Peringatan 1 Abad NU" di Jakarta, Senin (20/6/2022). ANTARA/Tri Meilani Ameliya.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf mengatakan pihaknya mengharapkan Peringatan Satu Abad NU dapat menjadi momentum bagi NU untuk memasuki era kebangkitan baru.

"Kami mengharapkan momentum 100 Tahun NU akan menjadi momentum era kebangkitan baru bagi NU," kata Gus Yahya, sapaan akrab Yahya Cholil Staquf dalam konferensi pers "Kick Off Peringatan 1 Abad NU" di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan makna kebangkitan baru itu sesuai dengan HR Abu Dawud yang meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda sesungguhnya Allah SWT mengutus  umat ini pada setiap akhir seratus tahun, orang yang memperbaharui umat agama mereka.

Sebelumnya, kata Gus Yahya, sesuai dengan keputusan Muktamar Ke-32 NU di Makassar, Sulawesi Selatan, hari lahir NU yang memasuki usia 100 tahun pada 16 Rajab 1444 Hijriah akan jatuh pada awal Februari 2023.

Dalam peringatan hari lahir NU tersebut, dia menyampaikan bahwa pihaknya mengusung tema "Mendigdayakan NU, Menjemput Abad Kedua, Menuju Kebangkitan Baru".

Ia menyampaikan NU yang didirikan pada 16 Rajab 1344 Hijriah atau 31 Januari 1926 itu memiliki fungsi utama sebagai penyedia panduan dan bimbingan keagamaan bagi jamaahnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PBNU harap Satu Abad NU jadi momentum NU masuki era kebangkitan baru
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022