Kepri genjot belanja produk lokal

id Belanja produk lokal

Kepri genjot belanja produk lokal

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat meninjau produk tenun batik lokal di Pulau Dompak, Tanjungpinang. (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad siap mengikuti arahan Presiden RI Joko Widodo untuk menggenjot belanja produk lokal guna membantu pengusaha kecil sekaligus memulihkan perekonomian daerah.

"Kami sangat mendukung kebijakan presiden ini tentunya. Hal ini sangat bagus untuk memberdayakan pelaku usaha lokal, dan Insya Allah bisa menyejahterakan masyarakat," kata Gubernur Ansar di Tanjungpinang, Rabu.

Bahkan untuk di Kepri, kata Ansar, sudah terealisasi 20 persen input untuk pengadaan produk dalam negeri yang direncanakan oleh pemprov sebesar 57,6 persen dari target nasional 40 persen.

Selain itu, ia menyebut bahwa Pemprov Kepri sendiri pernah menjadi tuan rumah ajang Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) tahun 2022 di Kota Batam yang digelar pada 30 Maret lalu.

Kegiatan itu dimanfaatkan Ansar sebaik-baiknya untuk mempromosikan produk-produk unggulan Kepri seperti makanan dan kerajinan tangan.

"Terpilihnya Kepri menjadi tuan rumah Gernas BBI harus kita manfaatkan dengan maksimal untuk mempromosikan produk-produk UMKM kita," kata Gubernur Ansar.

Gubernur juga mengharapkan Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia dapat mendorong peningkatan nilai transaksi atau permintaan barang dan jasa yang dihasilkan pelaku usaha dalam negeri sehingga menciptakan efek berganda pada perekonomian Kepri.

"Dengan kebijakan ini, produk-produk tempatan akan lebih bernilai dan lebih bisa bersaing," ucap Ansar.