Gandeng 25 instansi, prodi kimia Itera sosialisasi seminar kerja praktik

id Lampung, itera

Gandeng 25 instansi, prodi kimia Itera sosialisasi seminar kerja praktik

Program Studi Kimia Jurusan Sains Institut Teknologi Sumatera (Itera) menyelenggarakan Sosialisasi Seminar Kerja Praktik (KP) . Antaralampung/HO-Itera

Diharapkan kerja sama dengan para mitra dapat terus berlanjut dan ditingkatkan

Bandarlampung (ANTARA) - Program Studi Kimia Jurusan Sains Institut Teknologi Sumatera (Itera) menyelenggarakan Sosialisasi Seminar Kerja Praktik (KP) secara daring, Kamis, 29 Juli 2021. Kegiatan tersebut diikuti oleh 94 mahasiswa angkatan 2018 dan 12 dosen Prodi Kimia.

Kerja Praktik yang akan dilaksanakan antara Juni-Agustus 2021 tersebut akan diikuti seluruh mahasiswa anggkatan pertama Prodi Kimia. Sebanyak 92 mahasiswa tersebut melaksanakan KP di berbagai instansi baik pemerintah, BUMN, maupun industri swasta.

Ada 25 instansi yang telah menjadi mitra Prodi Kimia dalam pelaksanaan kegiatan KP, diantaranya: PT. Sucofindo, UPTD Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung, PT. Sari Segar Husada, PT. Bukit Asam, PT. Keong Nusantara Abadi, PT. Perkebunan Nusantara VII, PDAM Way Rilau, BPOM Bandar Lampung, UPK Tarahan UIK Sumbagsel, BTPM LIPI Tanjung Bintang, Rumah Islam Siti Rahmah Padang, PLTU SUGE 2X16.5MW Bangka Belitung, PT. Equilab Internasional, PT. Suri Tani Pemuka Lampung, PT. Global Onkolab Farma. Selain itu juga instansi Baristand Industri Bandar Lampung, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Balai Besar Teknologi Pati Lampung, UPTD Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pandegelang, UPTD Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Selatan, UPTD Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Tengah, UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Lampung, PT. Wahana Insan Kemilau, PLTU Sebalang, Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung, dan Rumah Sakit Umum Pinna Bekasi.

Sosialisasi tentang KP Prodi Kimia diisi oleh Rahmat Kurniawan, selaku Koordinator Kerja Praktik (KP), Rahmat Kurniawan menyampaikan, sosialisasi bertujuan untuk memberikan penjelasan secara teknis terkait prosedur pelaksanaan seminar KP mulai dari pendaftaran hingga pelaksanaan seminar pasca mahasiswa menyelesaikan KP di instansi terkait.

Dalam kesempatan tersebut Rahmat Kurniawan, juga menyampaikan bahwa kerja praktik ini merupakan sarana untuk mahasiswa mengaktualisasikan ilmu yang telah dipelajari di dunia kerja. Oleh karena itu, aspek-aspek pengetahuan, etika, kedisiplinan, dan etos kerja harus benar-benar dilatih dalam kegiatan KP ini.

Dia juga berpesan agar setelah menyelesaikan KP di instansi mitra masing-masing, para mahasiswa tidak lupa menyampaikan terima kasih dan tetap menjalin hubungan dengan instansi terkait.

“Diharapkan kerja sama dengan para mitra dapat terus berlanjut dan ditingkatkan,” ujar Rahmat Kurniawan.

Dalam kesempatan yang sama juga perwakilan mahasiswa menyampaikan kesan dan pesan terkait dengan pelaksanaan KP periode ini. Dikarenakan pada kondisi pandemi, ada beberapa kegiatan KP yang dilakukan mahasiswa yang kombinasi antara luring dengan daring, namun ada juga yang full luring

Baca juga: Itera resmi luncurkan jurnal baru JSTV
Baca juga: Mahasiswa Itera raih juara ke-3 inovasi sanitasi internasional

Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021