Emirates telah angkut 50 juta dosis vaksin corona ke seluruh dunia

id emirates,pengangkutan vaksin

Emirates telah angkut 50 juta dosis vaksin corona ke seluruh dunia

Ilustrasi: Data kegiatan Emirates SkyCargo. (ANTARA/Emirates)

Jakarta (ANTARA) - Menjelang Hari Kesehatan Dunia pada 7 April lalu, Emirates SkyCargo telah mengangkut lebih dari 50 juta vaksin COVID-19 dan 100 ton jarum suntik ke seluruh dunia dalam mendukung kelancaran program vaksinasi.

Sejak dimulainya distribusi internasional pada akhir tahun lalu, Emirates SkyCargo telah mengangkut lebih dari 220 ton vaksin COVID-19, setara dengan lebih dari 50 juta dosis, dengan lebih dari 150 penerbangan dari lokasi manufaktur ke 50 tujuan dalam jaringannya melalui Dubai.

Hingga saat ini, Emirates SkyCargo telah mengangkut enam jenis vaksin COVD-19. "Emirates SkyCargo sangat bangga telah mencatat sejarah dengan pengiriman vaksin COVID-19 sebanyak 50 juta dosis tepat sebelum Hari Kesehatan Dunia," kata Wakil Presiden Senior Divisi Emirates Cargo, Nabil Sultan, dalam pernyataan pers, Jumat.

Sebagai pengangkut kargo udara global yang bertanggung jawab secara sosial, Emirates bertindak untuk membantu komunitas-komunitas di seluruh dunia selama setahun terakhir untuk pulih dari dampak pandemi yang menghancurkan, terutama di negara-negara berkembang.

"Kami telah memimpin upaya industri kargo udara global dan bekerja sama dengan organisasi mitra kami di Dubai untuk mendistribusikan vaksin COVID-19 dengan cepat melalui Dubai ke seluruh dunia," katanya.

Selama pandemi COVID-19, Emirates SkyCargo tetap dinamis dan gesit dalam merespons kebutuhan global dan menjaga konektivitas internasional untuk pengangkutan barang-barang penting di seluruh dunia.

Emirates SkyCargo adalah salah satu yang pertama di dunia yang menggunakan pesawat penumpang khusus untuk penerbangan kargo yang mengangkut APD, peralatan medis, obat-obatan, dan makanan. Dalam kurun waktu lebih dari satu tahun, Emirates SkyCargo telah mengoperasikan lebih dari 27.800 penerbangan dan mengangkut lebih dari 100.000 ton komoditas penting.

Pada Oktober 2020, Emirates SkyCargo mendirikan hub sisi udara khusus bersertifikasi EU GDP untuk distribusi vaksin COVID-19 di hubnya di Dubai. Dengan infrastruktur canggih dan kapasitas penyimpanan yang luas, Emirates SkyCargo dapat menerbangkan vaksin COVID-19 dalam jumlah besar dari lokasi manufaktur, menyimpan vaksin di Dubai, dan kemudian mengirimkan pasokan vaksin secara teratur ke negara-negara berkembang dengan infrastruktur rantai dingin terbatas melalui penerbangan kargo.

Pada Januari 2021, Emirates SkyCargo bergabung dengan entitas terkemuka yang berbasis di Dubai, DP World, Kota Kemanusiaan Internasional, dan Bandara Dubai untuk membentuk Aliansi Logistik Vaksin Dubai untuk memanfaatkan kekuatan strategis Dubai sebagai pusat distribusi global utama vaksin COVID-19.

Pada Februari 2021, Emirates SkyCargo menandatangani MoU dengan UNICEF untuk memprioritaskan pengangkutan vaksin COVID-19 dalam skema COVAX Facility, yang bertujuan untuk mendistribusikan vaksin COVID-19 dengan adil dan menyeluruh di seluruh dunia.