204 santri Gontor Asal Lampung kembali ke pesantren di Ponorogo

id COVID-19,Wuahan

204 santri Gontor Asal Lampung kembali ke pesantren di Ponorogo

Suasana Kepulanagan Santri asal Lampung ke Ponpes Modern Darrusalam Gontor, di Asrama Haji, Minggu. (21/6/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) -
Sebanyak 204 santri dari pondok Pesantren (Ponpes) Modern Darussalam Gontor asal Lampung kembali ke Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur (Jatim), guna melanjutkan pendidikannya usai menjalani berbagai protokol kesehatan.

"Keberangkatan santriwan dan santriwati ini menggunakan delapan unit Bus Penantian Utama dan sebelum berangkat para santri berkumpul di Aula Arafah Asrama Haji (Lampung)," kata Kapolsek Kedaton, Kompol Daud, di Bandarlampung, Minggu.

Ia mengatakan bahwa kepulangan mereka ke ponpes di bawah koordinasi Pengurus Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Cabang Lampung, 204 santri tersebut merupakan gabungan dari sejumlah daerah.

"Dari Bandarlampung 61 orang, 19 orang Metro, 4 orang Pesawaran, 14 orang Lampung Selatan, 16 orang Lampung Tengah, 10 orang Lampung Timur," kata dia.

Kemudian, lanjut dia, 11 orang Pringsewu, 8 orang Lampung Barat, 13 orang Lampung Utara, 2 orang Mesuji, 9 orang Tanggamus, 14 orang Tulang Bawang, 12 orang Tulang Bawang Barat, 9 orang Way Kanan, dan 2 orang dari luar Lampung. 

Menurut dia, pemulangan mereka ke ponpes berkaitan dengan akan dimulainya tahun ajaran baru di sana dan ini merupakan keberangkatan yang ke dua santri Gontor ke tempat mereka menuntut ilmu.

Ia menjelaskan bahwa sebelumnya para santri juga telah mengikuti seluruh ketentuan protokol kesehatan dengan dilakukan rapid test oleh Tim Medis Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung dan hasilnya non reaktif semua.

"Jadi kita hari ini melakukan pengamanan pemulangan santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Gontor untuk gelombang kedua, dan IKPM Gontor Cabang Lampung juga turut mendampingi kepulangan para santri untuk kembali menuntut ilmu di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur," jelasnya.