MA imbau hakim batasi pengunjung sidang antisipasi COVID-19

id pn tanjungkarang, covid-19, virus corona

MA imbau hakim batasi pengunjung sidang antisipasi COVID-19

Mahkamah Agung (MA) himbau Majelis Hakim dapat membatasi jumlah pengunjung sidang mengantisipasi penularan Covid-19. (Antaralampung.com/Damiri)

Intinya kita sama-sama memerangi virus corona dengan cara sadar untuk tidak berjubel dalam menonton sidang, kata dia

Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Pengadilan Negeri Kelas IA Tanjungkarang, Bandarlampung, Lampung, Timur Pradoko mengatakan Mahkamah Agung (MA) RI telah mengeluarkan surat edaran agar majelis hakim dapat mengambil kebijakan untuk membatasi pengunjung sidang guna mencegah penyebaran COVID-19.

Pembatasan pengunjung sidang itu tertuang dalam Surat Edaran MA Nomor 1 Tahun 2020 yang ditandatangani Sekretaris MA yang berisi bahwa majelis hakim dapat membatasi jumlah pengunjung sidang.

"Berdasarkan surat edaran tersebut  majelis hakim diberi kewenangan bisa membatasi jumlah pengunjung sidang," katanya di Bandarlampung, Selasa.

Baca juga: PN Tanjungkarang berlakukan satu pintu cegah penularan Covid-19

Baca juga: PN Tanjungkarang kesulitan dapatkan pengukur suhu dan antiseptik

Selain pembatasan pengunjung sidang, masih dalam surat edaran itu, majelis hakim juga berwenang melakukan penundaan persidangan jika tidak memungkinkan.

Meskipun demikian, persidangan perkara pidana, pidana militer, dan lainnya tetap dilangsungkan sesuai dengan jadwal persidangan yang telah ditetapkan.

"Intinya kita sama-sama memerangi virus corona dengan cara sadar untuk tidak berjubel dalam menonton sidang," kata dia.

Baca juga: Advokat keluhkan rendahnya pencegahan COVID-19 di pengadilan