Kadinkes Waykanan minta masyarakat tetap tenang dan jangan panik terhadap virus corona

id Lampung, waykanab, corona virua, virus corona

Kadinkes Waykanan minta masyarakat tetap tenang dan jangan panik terhadap virus corona

Kepala Dinas Kesehatan Waykanan, Provini Lampung Anang Risgianto ( Antaralampung/Emir F Saputra)

Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung, Anang Risgianto, meminta masyarakat untuk tidak panik dan tetap tenang menanggapi adanya dua warga asal Depok, Jawa Barat, yang terjangkit virus corona.

“Pesan Bapak Bupati, masyarakat diminta waspada, tidak boleh panik. Instansi terkait juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang wabah virus corona ini,” katanya di Blambangan Umpu, Waykanan, Selasa.

Dinas Kesehatan Waykanan bersama dengan seluruh UPT Puskesmas akan meningkatkan kewaspadaannya terhadap penyebaran virus corona.

Salah satunya dengan menyiapkan tenaga kesehatan dan ruang isolasi di Rumah Sakit Daerah Zainal Abidin Pagar Alam dan memberikan rujukan secepatnya ke Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeluk Bandarlampung.

UPT Puskesmas juga akan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat tentang virus corona.

Sosialisasi, lanjut Anang, penting dilakukan agar masyarakat memahami  kemungkinan penularan virus corona, ikut mengedukasi warga agar tidak panik, termasuk menghindarkan warga dari informasi hoaks.

“Jadi, masyarakatnya kita kondisikan untuk tetap waspada atau tidak panik,” katanya

Anang menjelaskan, virus corona bisa menyerang seseorang apabila imunitas tubuhnya lemah. Namun, apabila imunitas tubuhnya kuat, virus tersebut tidak mudah menyerang tubuh manusia.

Karena itu, Ia mengingatkan agar masyarakat selalu menjaga imunitas tubuhnya tetap bugar agar terhindar dari berbagai penyakit dan sesering mungkin mencuci tangan.

“Jadi, lebih bagus kalau kita dalam kondisi yang tegar supaya virus itu tidak mudah menyerang kita,” kata Anang