Bupati harapkan Karawang menjadi destinasi wisata cagar budaya nasional

id candi jiwa,cagar budaya nasional,cagar budaya,wisata karawang

Bupati harapkan Karawang menjadi destinasi wisata cagar budaya nasional

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. (ANTARA/Ali Khumaini)

“Kami akan berusaha agar harapan itu bisa tercapai,“ kata Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.
Karawang (ANTARA) - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana berharap  pemerintah pusat menjadikan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sebagai destinasi wisata cagar budaya nasional.

“Kami akan berusaha agar harapan itu bisa tercapai,“ katanya, di Karawang, Sabtu.

Ia mengaku sudah mengunjungi Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan beberapa waktu lalu untuk menyampaikan keinginan agar Karawang menjadi destinasi wisata cagar budaya nasional.
Baca juga: Puluhan desainer pamerkan koleksi di "Karawang Fashion Culture"

Hal tersebut disampaikan karena cukup banyak peninggalan yang memiliki nilai sejarah tinggi, di antaranya Candi Jiwa Batujaya yang berlokasi di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang Firman Sofyan menyampaikan berdasarkan hasil penelitian Balai Arkeologi Jawa Barat, Candi Batujaya dibuat pada abad ke-4. Dengan begitu usianya lebih tua dari Candi Borobudur.

Baru-baru ini, katanya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan Kawasan Candi Jiwa sebagai kawasan cagar budaya nasional.
Baca juga: Kemenpar akan usulkan Festival Goyang Karawang masuk agenda nasional

Itu sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 70/M/2019 tentang Kawasan Cagar Budaya Batujaya sebagai Kawasan Cagar Budaya Tingkat Nasional.